Video Dokumentasi Baru Tayangkan Nyaris Seluruh Spesies Badak Jawa

Oleh: Rhett A. Butler, mongabay.com

Spesies badak Jawa yang nyaris punah baru saja berhasil diabadikan oleh pihak berwenang di Taman Nasional Ujung Kulon dengan menggunakan kamera tersembunyi.

Potongan vdeo ini memperlihatkan 35 ekor Badak Jawa berkeliaran di hutan Taman Nasional Ujung Kulon, ini adalah badak Jawa yang tersisa yang diperkirakan hanya tingal 38-48 ekor saja. Beberapa bagian dari video ini bahkan memperlhatkan induk badak dengan anak mereka.

Susie Ellis, Direktur Eksekutif dari International Rhino Foundation mengatakan bahwa potongan video ini menjadi sangat penting untuk menyelamatkan badak Jawa dari kepunahan. Kamera tersembunyi untuk memantau badak Jawa sudah ditambah tahun ini.

“Kompilasi gambar dari kamera tersembunyi ini memberikan kita cuplikan kehidupan rahasia badak Jawa – sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya,” Kata Ellis kepada mongabay.com. “Pihak Taman Nasional Ujung Kulon harus dipuji degan ahsil yang mereka raih, mereka berhasil merekam setiap kehidupan badak Jawa di area-area yang dipasangi video tersembunyi.”

“Tahun ini, tambahan kamera tersembunyi didonasikan oleh Aspinall Foundation dan kemampuan kami merekam populasi badak Jawa, International Rhino Foundation dan tambahan 140 kamera baru WWF akan membuat kami bisa merekam seluruh kehidupan badak Jawa di Taman Nasional ini,” tambahnya.

Badak Jawa adalah spesies yang terancam punah akibat hilangnya habitat mereka. Binatang ini juga beresiko terhadap perburuan, namun pasukan elit penjaga hutan dengan Yayasan Badak Indonesia telah membantu menakan angka perburuan dalam beberapa tahun terakhir. Namun kelangsungan hidup Badak Jawa masih belum pasti – populasi mereka yang terisolasi bisa saja hilang secara tba-tiba akibat serangan bencana alam maupun penyakit menular. Seluruh spesies Badak jawa yang tersisa kini hidup di alam liar.

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,