Video: Proses Melahirkan Ratu, Induk Badak Sumatra dan Merawat Sang Bayi

Facebook0Twitter123LinkedIn3Google+0Email

Ratu, si induk badak Sumatra yang baru melahirkan sang bayi, Andatu, Sabtu 23 Juni 2012 silam di Way Kambas, Lampung. Foto: International Rhino Fundation

Peristiwa bersejarah kelahiran generasi baru badak Sumatra hari Sabtu tanggal 23 Juni 2012 silam, kini bisa dinikmati dalam sebuah video berseri. Video ini mulai dari proses saat Ratu, si induk badak Sumatra, Ratu, melahirkan bayinya yang diberi nama Andatu, di penangkaran gajah Sumatra di Way Kambas, Lampung.

Video kedua dan ketiga adalah usai melahirkan. Sang bayi, Andatu memang bayi yang kuat, sesaat setelah dilahirkan, langsung bisa berjalan dan menyesuaikan diri. Ia bahkan mencari minum sendiri.

Badak Sumatra adalah hewan yang masuk ke dalam daftar merah IUCN dengan status ‘terancam punah’. Kini tinggal sekitar 200 ekor saja yang tersisa di dunia ini. Kelahiran Andatu (yang berarti Anugerah dari Tuhan atau singkatan nama orang tuanya, Andalas dan Ratu) adalah sebuah anugerah besar kepada dunia untuk sekali lagi melihat satu generasi badak Sumatra.

 

Comments