Nelayan Lokal Kini Semakin Aktif Awasi Terumbu Karang Buleleng

Berbagai upaya perlindungan terumbu karang di perairan Indonesia terus dilakukan. Terkait hal tersebut, keterlibatan masayarakat dalam perlindungan ekosistem laut di wilayah lokal dinilai sangat penting. Seperti yang dilakukan oleh Reef Check Indonesia, sebuah organisasi konservasi kelautan yang bermarkas di Bali. Mereka baru saja menggelar pelatihan pengawasan kondisi terumbu karang dan kehidupan bawah laut.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan nelayan lokal kemampuan dan pengetahuan untuk mengecek kondisi terumbu karang di wilayah mereka secara reguler, seperti disampaikan oleh Derta Prabuning, Program Development Officer Reef Check Indonesia kepada Bali Daily. “Pasca pelatihan mereka memiliki pengetahuan untuk melakukan pengawasan di kawasan pesisir mereka secara mandiri. Pelatihan pengawasan terumbu karang ini disesuaikan dengan standar internasional,” ungkap Prabuning kepada Bali Daily.

Pelatihan ini melibatkan belasan nelayan dari beberapa desa di seputar Buleleng, yaitu Penuktukan, Les, Bondalem dan Tejakula, yang sudah dikondisikan sebagai Kawasan Laut yang Dikelola Secara Lokal. Upaya konservasi berbasis masyarakat ini, nelayan bersama dengan warga desa yang tinggal di keempat desa tadi, diharapkan bisa terlibat secara penuh dalam berbagai uaya perlindungan dan konservasi laut di wilayah mereka.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari ini Reef Check Indonesia bekerjasama dengan Marine Divers Club dari Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah. Ice Tresnawati, dari Universitas Diponegoro menyatakan bahwa komunitas lokal sudah paham betapa pentingnya melindungi dan menyelamatkan wilayah pesisir dan kehidupan bawah laut sebagai sumber utama kehidupan mereka. “Upaya konservasi yang diakukan di wilayah ini sejauh ini dilakukan dengan inisiatif dari pemerintah dengan dorongan kuat dari semua lembaga pemerintah, namun di saat bersamaan komunitas lokal kadang dilupakan dari program ini,” jelasnya.

Dari hasil análisis sementara kondisi laut di sekitar tempat pelatihan di Buleleng, beberapa ikan yang dilindungi masih belum terlihat di sini. Diharapkan, setelah pelatihan ini dilakukan, sejumlah spesies ikan akan kembali ke perairan ini.

Untuk melihat protokol pelatihan dalam pengawasa laut Reef Check Indonesia, silakan klik: http://www.reefcheck.or.id/wp-content/uploads/protokol-program-pemantauan-reef-check.pdf

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , ,