Foto Baru Badak Gunung Leuser & Nikmati Lagi Video Badak Jawa dan Sumatera dari Mongabay Indonesia

Sejumlah ahli akhirnya berhasil mengumpulkan foto-foto terkini dari spesies badak Sumatera yang nyaris punah. Beberapa kamera tersembunyi di Taman Nasional Gunung Leuser yang dipasang oleh Leuser International Foundation, Yayasan Badak Indonesia dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser berhasil menangkap gambar-gambar terkini dari spesies yang diperkirakan tinggal tersisa tidak lebih dari 27 ekor ini di wilayah Gunung Leuser.

“Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisa tentang populasi badak ini,” kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Andalas, badak Sumatera ayah si Andatu, anak badak yang lahir akhir Juni 2012 silam. Foto: Yayasan Badak Indonesia

Foto-foto yang berhasil direkam ini adalah yang pertamakalinya dalam 26 tahun. Yayasan Leuser menggunakan 28 kamera tersembunyi yang dipasang di berbagai wilayah di taman nasional ini sejak bulan Juli silam.

Badak Sumatera kini mengalami penurunan jumlah yang sangat signifikan sejak 1985, dimana jumlahnya merosot drastis hingga lebih dari 70%. Diperkirakan, di alam liar mereka tinggal tersisa tak kurang dari 200 ekor saja.

Mongabay Indonesia, juga akan kembali berbagi harapan tentang upaya Indonesia untuk terus menjaga spesies badak Sumatera dari kepunahan. Kami masih menyimpan video-video eksklusif seputar kelahiran badak Sumatera bernama Andatu beberapa bulan silam di penangkaran badak Sumatera di Way Kambas, Lampung, Sumatera.

Kami juga masih memiliki sebuah video tentang badak Jawa, yang bahkan lebih langka dibanding badak Sumatera. Video yang didapat dari Badan Pengelola Taman Nasional Ujung Kulon ini memperlihatkan nyaris seluruh populasi badak Jawa yang tersisa di Ujung Kulon.

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,