Klasemen Sementara Negara-Negara Penyumbang Karbon Terbesar di Dunia

Awal bulan Agustus 2012 ini Divisi Administrasi Informasi Energi di Departemen Energi Amerika Serikat mengumumkan bahwa emisi karbon di AS turun sebanyak 8% di kuartal pertama 2012. Emisi antara bulan Januari hingga Maret 2012 ini sekaligus sebagai yang terendah  sejak 1992.

Penurunan emisi ini sebagian besar disebabkan oleh musim dingin ringan dan pergeseran utilitas yang secara konsisten ‘terus menjauh dari pembakaran batubara karena rendahnya harga gas alam, dan hasil penghitungan kuartal ini konsisten dengan tren yang sedang berlangsung di Amerika Serikat, yaitu turunnya emisi karbon dioksida. Sejak mencapai emisi 1.642 ton karbon (6.022 ton karbondioksida) pada tahun 2007, hingga kini angka itu telah  turun sebanyak 9 persen.

Tapi penurunan emisi di Amerika Serikat diimbangi oleh pertumbuhan emisi karbon di negara-negara berkembang, terutama Cina, di mana emisi dari bahan bakar fosil telah berkembang dari 929 metrik ton karbon pada tahun 2000 menjadi 2.248 pada tahun 2010. Negara-negara lain bahkan melampaui Cina, misalnya Vietnam, Oman, dan Nigeria dimana semua mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dalam emisi gas rumah kaca sejak tahun 1995. Sejak tahun 2000, hanya Angola dan Vietnam yang telah melampaui China dalam lonjakan emisi karbon di antara negara-negara dengan jumlah emisi lebih dari 10 juta metrik ton per tahun.

Dari perhitungan per kapita, emisi karbon di Cina juga berkembang pesat. Menurut angka yang dikeluarkan bulan lalu, emisi per kapita di China mencapai 1,96 ton metrik karbon (7,2 ton Co2 setara) pada tahun 2011, mendekati tingkat Eropa 2,05 ton per kepala. Namun, China masih jauh di belakang emisi per kapita Amerika Serikat dan beberapa negara di pulau-pulau kecil yang kaya minyak.

Emisi Cina meningkat karena pertumbuhan ekonomi yang pesat akibat urbanisasi dan modernisasi serta alihdaya (outsourcing) manufaktur oleh negara-negara industri. Negara-negara seperti Amerika Serikat telah secara efektif mengalihkan sebagian emisi mereka ke Cina.

Tabel: Peningkatan Terbesar Negara-Negara Emiter Karbon Dunia. Klik untuk memperbesar tabel.
Tabel: Persentase Terbesar Kenaikan Emisi Karbon Negara-Negara di Dunia. Klik tabel untuk memperbesar.
Tabel: Penurunan Terbesar Emisi Karbon Dunia. Klik untuk memperbesar tabel.
Tabel: Persentase Terbesar Penurunan Emisi Karbon. Klik untuk memperbesar tabel.
Tabel: Emisi Karbon Per Kapita. Klik tabel untuk memperbesar
Tabel: Peningkatan Tertinggi dalam Emisi Karbon Per Kapita. Klik tabel untuk memperbesar
Tabel: Penurunan Terbesar Emisi Karbon Per Kapita. Klik untuk memperbesar tabel

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , ,