Komik THE FOREST LIFE: Cara Mudah Pahami Perubahan Iklim & Hak Masyarakat Adat

Perubahan iklim. Jika dua kata itu muncul, apa yang terlintas di kepala anda? istilah-istilah rumit seperti efek gas rumah kaca, pemanasan global, deforestasi, dan sejumlah kata yang sulit dipahami langsung terbayang dalam sesaat.

Namun sebagai sebuah terminologi yang seringkali didiskusikan belakangan ini, perubahan iklim dinilai sebagai sebuah fenomena yang sangat erat berkaitan dalam berbagai sisi kehidupan masyarakat. Mulai dari petani, yang kehilangan siklus musim panas dan hujan yang teratur, hingga para pilot pesawat yang mengalami berbagai gangguan cuaca saat sedang bertugas. Belum lagi, berbagai bencana yang muncul seiring dengan perubahan iklim ini. Semua mengalami keluhan yang sama, berbagai kesulitan muncul akibat perubahan iklim. Salah satu dampak utama perubahan iklim adalah naiknya kadar karbondioksida di lapisan atmosfir.

Para ahli menyatakan, kira-kira antara 17 hingga 20% emisi karbondioksida ke udara ini disebabkan oleh hilangnya hutan hujan tropis dunia. Lalu bagaimana menjelaskan fenomena hilangnya hutan, kenaikan suhu bumi, emisi karbondioksida yang meningkat dan dampaknya bagi manusia?

Semua istilah rumit ini, nampaknya kini bisa anda bagi dengan mudah. Terutama bagi anda yang seringkali berbagi atau melakukan kampanye mencegah perubahan iklim bagi masyarakat umum, anak-anak dan remaja di sekitar hutan. Sebuah buku komik online, yang diterbitkan oleh Asia Indigenous People Pact membuat semuanya jauh lebih sederhana.

Tak hanya konsep perubahan iklim, namun juga konsep mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim melalui program global bernama REDD dan REDD+ dijelaskan secara gamblang dan dari sudut pandang yang juga memperhatikan hak-hak masyarakat adat. Dalam komik ini, disinggung berbagai upaya pencegahan perubahan iklim lebih lanjut, dan bagaimana program ini bisa berjalan beriringan dengan memperhatikan hak-hak masyarakat di sekitar hutan. Terutama, pentingnya keterlibatan masyarakat adat di sekitar hutan dalam berbagai program pencegahan dan adaptasi perubahan iklim ini.

Sebagai sebuah buku panduan bagi masyarakat lokal dan komunitas lokal, buku komik ini bertujuan untuk meningkatkan kepahaman masyarakat adat dan komunitas lokal terhadap pencegahan perubahan iklim dan mengenali potensi-potensi masalah yang muncul terkait komunitas lokal, seperti hak-hak masyarakat, pembagian wilayah dan sumber daya, dan bagaimana memahami REDD.

Anda tertarik? Silakan unggah saja buku komik berjudul THE FOREST LIFE: Knowledge for Communitiesinisecara gratis.

(Visited 1 times, 2 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,