Mayoritas Orang Indonesia Sadar Dampak Perubahan Iklim, Namun Gagal Lakukan Adaptasi

Sebuah survey yang dilakukan tahun 2006 silam terhadap 6.310 rumah tangga di Kalimantan Timur dan Jawa Tengah selama dua tahun, ditemukan bahwa ternyata 90% orang Indonesia sudah sadar akan perubahan iklim. Hasil studi ini dimuat dalam jurnal Nature Climate Change.

Survey yang dilakukan oleh Erin Bohensky dari lembaga CSIRO dari Australia menyatakan bahwa mayoritas penduduk Indonesia, atau sekitar 82% responden telah mengamati terjadinya perubahan iklim ini, sementara 71% menganggapnya sebagai sebuah resiko. Namun hanya kurang dari 40% responden yang melakukan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim ini.

Hasil studi ini menyimpulkan bahwa sudah saatnya pemerintah Indonesia tidak lagi terpaku pada proses komunikasi membangun kesadartahuan masyarakat akan perubahan iklim, namun lebih mendorong publik untuk melakukan langkah-langkah untuk mengadaptasi perubahan iklim.

Sebagai sebuah negara kepulauan dan kerap terjadi terhadap bencana alam, Indonesia sangat rentan terhadap perubahan iklim. Dampak perubahan iklim di Indonesia ditandai dengan perubahan siklus kekeringan dan banjir, kenaikan permukaan air laut, semakin banyaknya kebakaran hutan dan kenaikan suhu udara.

CITATION: Erin L. Bohensky, Alex Smajgl and Tom Brewer. Patterns in household-level engagement with climate change in Indonesia. Nature Climate Change PUBLISHED ONLINE: 9 DECEMBER 2012 DOI: 10.1038/nclimate1762

Artikel yang diterbitkan oleh
,