Mongabay.org Kembali Berikan Dana Peliputan Mendalam Senilai 20.000 Dollar AS

Mongabay.org, salah satu ranting dari organisasi pemberitaan dunia maya tentang lingkungan, Mongabay.com kembali memberikan kesempatan kepada jurnalis-jurnalis di seluruh dunia untuk melakukan peliputan mendalam tentang topik-topik yang terkait kelestarian alam.

Kesempatan ini diberikan lewat pemberian dana bantuan peliputan untuk melakukan laporan mendalam dengan tema: peran manajemen kehutanan masyarakat untuk menekan perubahan iklim dan membersihkan rantai suplai komoditas.

Hadiah dana peliputan ini akan diberikan melalui program SRI atau Special Reporting Initiatives, yaitu sebuah program yang menyediakan pendanaan untuk peliputan lingkungan. Mongabay.org akan menyediakan dana peliputan hingga 20.000 dollar AS bagi masing-masing pemenang tema yang dianggap paling baik. Dana ini terbagi dua, yaitu 15.000 dollar AS untuk pengeluaran, dan 5.000 dollar AS untuk biaya peliputan dan perjalanan.

Masing-masing pemenang di setiap tema akan dipilih melalui panel juri yang sangat ketat dan independen, serta memiliki keahian di bidang yang dilombakan. Setiap pemenang memiliki waktu hingga enam bulan untuk melakukan perjalanan, riset dan penulisan dan bisa dilakukan dari belahan manapun di dunia ini.

“Program SRI bertujuan untuk memancing munculnya peliputan lingkungan yang tidak mendapat tempat yang cukup di media-media arus utama,” ungkap Presiden Mongabay.org, Rhett Butler. “Saya tidak sabar untuk melihat cerita-cerita yang masuk dari topik-topik terbaru yang ditawarkan oleh program SRI ini yang akan mengeksplorasi tantangan dalam melindungi lingkungan dalam menghadapi meningkatnya populasi global dan konsumsi.”

Ksatria Wehea
Ksatria Wehea. Foto: Aji Wihardandi

Dua program SRI yang bisa diikuti oleh jurnalis dari Indonesia adalah:

Kehutanan Masyarakat Sebagai Solusi Perubahan Iklim

Berbagai bukti sudah menyatakan bahwa kontrol masyarakay terhadap hutan akan memberikan perlindungan, pembangunan dan keuntungan dalam menekan laju perubahan iklim. Namun kendati wilayah global kepemilikan hutan oleh masyarakat adat dan komunitas lokal terus meningkat dalam dekade terakhir, banyak masyarakat yang hidup tergantung dengan hutan justru menghadapi masalah kepemilikan lahan, tumpang tindih kepemilikan atau konflik kepemilikan, dan resiko pengambilalihan oleh pemerintah dan industri. Tema SRI ini menantang para jurnalis untuk memberikan perhatian terhadap pencegahan perubahan iklim melalui pengelolaan hutan oleh masyarakat.

Membersihkan Rantai Suplai Komoditas

Produksi komoditi pertanian dan perkebunan, terutama kayu, pulp and paper, kelapa sawit, daging sapi dan kedelai menjadi pendorong penggundulan hutan atau deforestasi dan degradasi hutan. Tema SRI ini menantang anda untuk memberikan bukti-bukti baru dan analisis ke dalam diskusi terhadap masalah suplai komoditi dan bagaimana hal ini bisa direstrukturisasi untuk melindungi hutan dan hak-hak masyarakat.

Ekspansi sawit, semestinya demi kesejahteraan rakyat. Bukan sebaliknya... Foto: Aji Wihardandi
Pengangkutan kelapa sawit di Riau. Foto: Aji Wihardandi

Tenggat waktu untuk kedua tema peliputan SRI di atas adalah tanggal 31 Januari 2014. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik langsung buka halaman pendaftaran.

Bulan lalu, Mongabay.org sudah mengumumkan pemenang perdana dari liputan mendalam lewat program SRI ini yang bertema: Apa Ide Besar Selanjutnya Dalam Konservasi Keragaman hayati di Kawasan Tropis?. Setelah tenggat waktu dua bulan dipenuhi dan sebulan waktu untuk memutuskan pemenangnya, dewan juri yang terdiri dari sejumlah jurnalis yang independen, praktisi konservasi dan pakar hutan tropis akhirnya memutuskan jurnalis Wendee Nicole sebagai penerima pertama dari program liputan mendalam Program SRI.

Laporan mendalam Nicole akan mendalami topik yang lebih luas dari konservasi biologi tropis, dengan fokus pemerintahan polisentris di Uganda dan Peru. Karya Nicole akan terpusat pada teori Elinor Ostrom, pemenang hadiah Nobel untuk bidang ekonomi, tentang pemerintahan polisentris dan desentralisasi: menaruh kekuasaan di tangan masyarakat lokal. Nicole akan menghabiskan waktu di kedua negara tersebut, melakukan wawancara aktor-aktor di lapangan dan melihat upaya memerangi kemiskinan dan menjaga sumber daya alam seperti kehutanan dan keragaman hayati. Dalam prosesnya, Nicole akan menulis sejumlah artikel tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil di dunia konservasi.

Pencatatan hasil tebangan di PT Perhutani, Jawa Tengah. Foto: Aji Wihardandi
Pencatatan hasil tebangan di PT Perhutani, Jawa Tengah. Foto: Aji Wihardandi

Program Special Reporting Initiatives memungkinkan semua jurnalis untuk melakukan laporan mendalam tentang isu spesifik yang tidak dilirik oleh media-media besar. Penerima bantuan liputan SRI akan diberikan dana dan dukungan untuk menjadi pakar di bidangnya, serta memberikan nilai tambah pada karier mereka sendiri dan berkontribusi pada dunia konservasi yang lebih luas.

Mongabay.org akan mengumumkan program-program baru SRI setiap bulan. Anda bisa mendaftar DISINI untuk menerima email pemberitahuan setiap kali kesempatan pendaftaran dibuka.

Jangan lupa, semua rencana peliputan dan pengisian aplikasi pendaftaran harus dilakukan dalam bahasa Inggris.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,