,

Foto: Coral-Banded Shrimp, Sang Udang Pembersih

Coral-banded shrimp yang bernama latin Stenopus hispidus, adalah udang unik, yang hidup di lautan berkarang. Dan dia termasuk dalam krustacea berkaki sepuluh.

Spesies ini mencapai total panjang 60 milimeter, coral-banded shrimp berwarna tanah transparan, sementara karapas dan perutnya berwarna merah dan putih.  Seluruh tubuhnya dipenuhi oleh duri-duri halus.

Kendati dapat ditemui di perairan dangkal, krustacea ini mampu hidup di bawah zona intertidal, yaitu di kedalaman sampai 210 meter (690 kaki) pada terumbu karang. Udang  Ini termasuk ke dalam golongan udang pembersih.

Coral banded shrimp menjaga wilayah mereka dari sesama krustacea. Foto: Wisuda
Coral banded shrimp menjaga wilayah mereka dari sesama krustacea. Foto: Wisuda

Sosoknya itu dapat juga dikenali dengan antena putihnya yang panjang. Udang ini disebut pembersih, karena coral-banded shrimp menggunakan tiga pasang cakarnya untuk menghilangkan parasit, jamur dan jaringan yang rusak dari ikan. Satwa ini termasuk satwa  monogami alias hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.

Udang pembersih termasuk satwa monogami. Foto: Wisuda
Udang pembersih termasuk satwa monogami. Foto: Wisuda

Mereka bisa agak agresif untuk mendapatkan makanan dari karang. Coral banded shrimp juga menjaga teritori mereka terhadap krustacea lainnya, terutama terhadap sesama udang pembersih, ini karena mereka menjaga agar daerah tempat tinggalnya cukup mempunyai persediaan makanan, tanpa harus berbagi dengan krustacea lainnya.

Foto: Wisuda
Spesies ini bisa hidup di perairan dangkal hingga zona intertidal hingga kedalaman 210 meter. Foto: Wisuda
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,