Video: Film Harrison Ford di Hutan Gambut Indonesia Akhirnya Dirilis

Film serial televisi produksi Showtime, yang dibintangi oleh Harrison Ford berjudul Years of Living Dangerously, akhirnya dirilis. Film yang proses pengambilan gambarnya sempat menghebohkan pihak otoritas pemerintahan di Indonesia ini, dibuat dalam sembilan seri terpisah. Film yang salah satunya menghadirkan Harrison Ford di Propinsi Riau untuk melihat kerusakan hutan di Indonesia, tampil dalam serial perdana yang dirilis pekan ini oleh Showtime.

Dalam serial bagian pertama berdurasi satu jam ini, Harrison Ford melihat langsung bagaimana deforestasi dan perusakan hutan gambut menjadi salah satu penyebab terpenting dalam perubahan iklim di dunia. Hutan gambut yang menyimpan jutaan ton karbon menjadi salah satu target pembakaran lahan di Indonesia. Selain menghilangkan jutaan ton simpanan karbon, hal ini pun membuat Indonesia kehilangan habitat bagi sejumlah satwa langka yang hidup di dalamnya.

Yearsoflivingdangerously

Serial ini akan dirilis bersamaan dengan laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) tentang dampak perubahan iklim. Laporan ini adalah merupakan rangkuman dari riset selama beberapa dekade yang dilakukan oleh ribuan pakar yang menemukan bahwa pemanasan global kini sudah menekan produksi hasil pertanian, meningkatkan kerusakan air, meningkatkan keasaman air laut, menyebabkan cuaca ekstrem dan menambah resiko terjadinya konflik sosial.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,