, ,

Rayakan Coral Day di Tengah Ancaman Kerusakan Pulau Bangka

Ratusan orang berkumpul di pesisir pantai Desa Lihunu, Pulau Bangka, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mereka dari dalam dan luar negeri. Sabtu-Minggu (14-15/6/14), para turis memeriahkan Coral Day.

Coral Day 2014 bertema Healthy Coral for Healthy People, guna meningkatkan kepekaan dan kesadaran masyarakat di Indonesia, terutama di Sulut, melindungi ekosistem terumbu karang. Terlebih, pulau ini tengah berada di ambang kehancuran.

Pemerintah Minut telah menerbitkan izin tambang kepada PT Mikgro Metal Perdana (MMP). Meskipun sudah ada putusan Mahkamah Agung yang memerintahkan izin tambang dicabut dan ada rekomendasi UKP4, agar tambang berhenti, tetapi hingga kini masih beroperasi.

Coral Day memasuki tahun kelima. Kali pertama,, di Bali 2010, bersamaan peringatan Hari Bumi. Kedua, di Belitung, lalu Kepulauan Seribu, dan keempat pada tiga lokasi tadi.

Tahun 2014, Yayasan Suara Pulau menjadi tuan rumah. Yayasan ini organisasi lokal fokus di Kepulauan Kinabuhutan-Talise-Bangka-Gangga  (KitaBangga). Mereka membantu masyarakat di dalam dan sekitar pulau.

Kali ini, Suara Pulau, tak sendirian. Berbagai lembaga peduli pelestarian lingkungan turut mendukung.

Di Sulut, berbagai kegiatan bertema kelautan pernah pemerintah, seperti World Ocean Conference, Coral Triangle Insiative hingga World Coral Reef Conference.

Anak-anak bernyanyi akuistrik dengan ceria di peringatan Coral Day di Pulau Bangka. Pulau ini terancam tambang karena pemerintah daerah telah mengeluarkan izin. Foto: Themmy Doaly
Anak-anak bernyanyi akuistrik dengan ceria di peringatan Coral Day di Pulau Bangka. Pulau ini terancam tambang karena pemerintah daerah telah mengeluarkan izin. Foto: Themmy Doaly

Perayaan Coral Day ini berbeda. Diskusi mengenai pelestarian karang tidak di dalam gedung tetapi di pesisir pantai, Bahkan beberapa orang dipersilakan menyelam dan menanam karang. Karena itu, peserta lebih memilih menggunakan kaos dan celana pendek, bukan mengenakan safari.

Dalam kegiatan ini, nuansa hiburan edukatif terasa begitu kental.  Ada aktivis Tunas Hijau yang menyanyikan lagu-lagu pelestarian lingkungan. Ada yang diving, snorkeling ataupun sekadar membasahi badan di laut.

Sejumlah kegiatan yang mengarahkan anak-anak agar lebih mencintai lingkungan jelas terlihat. Misal, lomba mewarnai kehidupan bawah laut. Ditambah lagi, panggung boneka yang menceritakan pentingnya perlindungan laut. Bahkan, dalam keadaan hujan sekalipun, anak-anak berlari riang untuk membersihkan sampah di pesisir pantai.

Pengunjung juga dihibur tarian tradisional, cakalele, yang disajikan siswi SMPN 3 Likupang timur. Diyakini, tarian ini tarian penyambut tamu. “Saya senang bisa ikut meramaikan kegiatan ini,” kata Selvin Karima,  yang menjadi leader tarian itu.

Sebagian peserta Coral Day di Pulau Bangka. Foto: Themmy Doaly
Sebagian peserta Coral Day di Pulau Bangka. Foto: Themmy Doaly

Perasaan gembira juga diutarakan Feisal Maruf, pengunjung dari Manado. Dia terhibur, sajian kegiatan Coral Day. Feisal memperoleh pengetahuan mengenai pentingnya menjaga ekosistem karang.

“Tak hanya konsep kegiatan. Saya senang pemandangan pulau ini sangat indah, pasir putih, juga pemandangam bawah laut. Kita harus menjaga ekosistem karang,” katanya.

Dalam aksi penanaman karang, ratusan turis mancanegara ikut berpartisipasi. Pieter, wisatawan asal Belanda, mengatakan, keindahan karang di perairan Pulau Bangka, tidak perlu diragukan. Namun, beberapa karang rusak perlu perhatian.

“Sayang sekali jika dibiarkan. Kita harus penyelamatan. Kita punya surga bawah laut, yang terlalu indah untuk dibiarkan rusak. Keep calm and save coral.”

Ulfa Novita Take, pendiri Yayasan Suara Pulau, mengatakan, ratusan karang berhasil ditanam di sejumlah titik.“Belum diketahui detil berapa banyak. Yang jelas, penanaman di semua titik yang teridentifikasi terdapat kerusakan.”

Di perairan KitaBangga, dulu ada penangkapan ikan dengan bom. Jadi, sejumlah karang mengalami kerusakan. “Beruntung, kedalaman lebih dari 10 meter tidak terlalu parah.”

Dia beharap, kegiatan ini berkesinambungan. Yayasan Suara Pulau,  sudah nota kesepahaman merawat karang di kepulauan Kita Bangga, sampai tiga tahun ke depan.

Lewat kegiatan ini, tidak hanya menunjukkan keindahan karang juga memperkenalkan fungsi karang kepada masyarakat. “Kepulauan KitaBangga adalah mutiara tersembunyi. Potensi alam di keempat pulau ini tidak dikenal banyak orang,” kata Ulva.

Semoga kegembiraan terus berlangsung, semoga Pulau Bangka bisa bertahan tetap indah dan menjadi tujuan wisata. Foto: Themmy Doaly
Semoga kegembiraan terus berlangsung, semoga Pulau Bangka bisa bertahan tetap indah dan menjadi tujuan wisata. Foto: Themmy Doaly

Inisiatif Masyarakat

Sulut memiliki potensi pariwisata dan perikanan. Sayangya, upaya perlindungan laut dinilai belum serius. “Dari kegiatan ini masyarakat luas diharapkan lebih mengenal pentingnya menjaga dan melestarikan ekosistem terumbu karang.”

Menurut Erry Damayanti, aktivis Telapak juga panitia acara, Coral Day berangkat dari kesadaran terumbu karang minim. Padahal, terumbu karang sebagai jaminan ketersediaan ikan bagi laut.

Wilayah sekitar terumbu karang tempat memijah sebagian besar ikan. Nutrisi masyarakat dunia, berasal dari protein ikan laut, tergantung keberadaan terumbu karang.

Kegiatan tahun ini dipusatkan di Desa Lihunu. Pemilihan lokasi bukan tanpa alasan. Kepulauan KitaBangga diyakini memiliki keragaman hayati perairan sangat unik.

Dengan luas 294 km ini, merupakan lintasan mamalia, seperti lumba-lumba dan habitat hewan langka, misal, dugong. Terdapat pula ikan purba Coelacanth Sulawesi (Latimeria menadoensis), hiu sirip putih, hiu sirip hitam, penyu, dan napoleon.

Selain itu, keempat pulau tadi, bagian dari Sulu Sulawesi Marine Ecoregion, yang harus dilindungi. Ia terletak strategis sebagai daerah penyangga Taman Nasional Bunaken dan berlokasi di coral triangle.

Kepulauan KitaBangga, merupakan wajah pengelolaan kepulauan di Sulut. Sebagai satu dari tiga lokasi wisata diving terkenal di dunia. Ia juga masuk peta perwilayahan pembangunan 50 destinasi pariwisata nasional.

Panggung boneka, salah satu acara di Coral Day Bangka. Foto: Themmy Doaly
Panggung boneka, salah satu acara di Coral Day Bangka. Foto: Themmy Doaly
Tepian laut yang mulai direklamasi buat pembangunan infrastruktur tambang MMP. Foto: Save Bangka Island
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,