,

Horeee…Lahir Empat Anak Harimau Benggala di Medan Zoo

Kabar gembira datang dari Taman Margasatwa Medan. Setelah lima bulan lalu induk harimau Sumatera, melahirkan empat anak, Sabtu (29/11/14), harimau Benggala di Medan Zoo, pertama kali melahirkan empat anak.

Dari empat anak itu, dua berwarna belang putih dan dua belang kuning dipadu hitam.

Saya beruntung, saat akan melahirkan, bisa mengabadikan sang induk tengah menanti kelahiran anak-anak penerus mereka.

Detik-detik menegangkan begitu terasa dari tim di kandang induk harimau ini. Wajah dokter hewan dan tim Medan Zoo begitu tegang. Mereka melakukan berbagai persiapan.

Auman sang induk terdengar. Suara itu kalah dengan suara sang jantan Benggala, seakan menunggu kelahiran anak dari luar kandang. Terlihat sang jantan mondar mandir. Suara ribut binatang lain, pecah dan saling bersahutan, ketika satu jam setelah kelahiran, anak pertama keluar.

Wajah tegang terlihat tenang, ketika empat anak harimau lahir sehat.

Putrama Al Khairi, Direktur Utama Taman Margasatwa Medan, mengatakan, dalam satu tahun terakhir, Medan Zoo, menambah delapan anak harimau, , empat harimau Sumatera dan empat Benggala.

Dengan kelahiran anak ini, katanya, menunjukkan iklim yang disiapkan, cocok buat perkembangan harimau.

Menurut Putrama, dengan tambahan empat bayi, total harimau menjadi 18 ekor, dengan rincian enam harimau Benggala, dan 12 harimau Sumatera.

“Kami patut bersyukur, karena mampu menambah jumlah spesies yang sudah masuk katagori terancam punah ini. Harimau bukan buat diburu, jadi kami meminta dengan sangat jangan pernah buru mereka,” katanya.

Langkah utama, katanya, memperbesar kandang dan ruang buat belasan harimau. Dia berencana berbagi dengan Taman Margasatwa lain yang berminat, atau bertukar dengan singa, hingga melengkapi satwa di sini.

Khusus menjaga kesehatan dua jenis harimau ini, dokter hewan memberikan makanan baik. Produktivitas dan kesehatan tetap terjaga, dan kebatinan serta kedekatan dengan satwa.“Fokus kami menjaga belasan harimau ini. Akan mencari dana buat memperlebar kandang dan memperlebar lahan kehidupan mereka, ” kata Putrama.

Sucitrawan, dokter hewan Medan Zoo, mengatakan, anak harimau lahir setiap satu jam sekali, dan proses seluruh antara tiga sampai empat jam.

Kelahiran empat harimau ini normal, dan tidak ada masalah. Bayi dan induk dalam kondisi sehat. Berat anak sekitar satu kilogram dengan panjang sekitar 25 cm.  “Agar kondisi tetap stabil akan memberikan daging segar dan vitamin serta obat, buat menambah susu induk.”

Ketika ditanya apa rahasia hingga dalam satu tahun, ada delapan anak, kata Suci, focus utama pada proses perkawinan.

Menurut dia, diatur kapan birahi sang induk. Setelah tahu, baru bisa proses perkawinan. Harimau Benggala dan Sumatera jantan dan betina, tidak bisa akur. Jadi, ada penjadwalan proses perkawinan.

Anak harimau Benggala warna putih yang lahir di Taman  Margasatwa Medan. Foto:  Ayat S Karokaro
Anak harimau Benggala warna putih yang lahir di Taman Margasatwa Medan. Foto: Ayat S Karokaro
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,