, ,

1 Juta Hektar Lahan Pangan, Prioritaskan Warga dan Perhatikan Lingkungan

Bulan lalu, Menteri Pertanian meminta lahan satu juta hektar kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pengembangan pangan, berupa palawija (pagi, kedelai dan jagung) dan tebu. Namun, ada indikasi pemerintah akan memberikan pengelolaan lahan itu kepada investor ataupun BUMN. Sikap ini mendapat tanggapan dari berbagai kalangan.

Tejo Wahyu Jatmiko, koordinator Aliansi untuk Desa Sejahtera mengatakan, pengelolaan lahan pangan mesti mengutamakan buat warga. “Jangan pernah menyerahkan kepada swasta,” katanya, baru-baru ini di Jakarta. Sebab, katanya, tidak ada hubungan antara kedaulatan pangan Indonesia dengan swasta.

Sifat swasta, yang ingin mendapatkan profit, kata Tejo, tidak pernah memikirkan kebutuhan pangan warga, kecuali harga pangan lebih tinggi dari luar negeri.

Indonesia, katanya, punya PP 18/2010 tentang Usaha Budidaya Tanaman sebagai turunan UU Sistem Budidaya Tanaman.  Dalam pasal-pasal di sana, tidak ada kewajiban investor memasarkan produksi ke dalam negeri. “Atau dengan kata lain tidak ada hubungan antara kebutuhan dalam negeri dan kewajiban memasok bagi pengusaha. Kewajiban hanya saat ada bencana alam atau kegagalan panen luar biasa.”

Meskipun begitu, katanya, permintaan satu juta hektar untuk 10 pabrik tebu dan kebun serta lahan padi dan palawija pada dasarnya wajar-wajar saja. Sebab, Indonesia memang memerlukan lahan untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Namun, kata Tejo, ada beberapa hal perlu dicermati. Pertama, harus dipastikan tidak ada tumpang tindih kepemilikan, terutama dengan masyarakat adat dan tempatan. Kedua, menjadi tidak wajar apabila pembukaan hutan begitu luas terlebih dalam satu hamparan. “Ini akan membuat goncangan lingkungan. Jadi harus benar-benar diperhitungkan daya dukung dan tampung lingkungan suatu kawasan.”

Ketiga, proporsi harus jelas berapa persen untuk pabrik gula, berapa persen kebun dan padi atau palawija. Menurut dia, Indonesia,  lebih memerlukan lahan untuk menyediakan pangan rakyat. Keempat, prioritas pengelolaan harus untuk masyarakat adat dan lokal.

Desa Anjir Mambulau, Kabupaten Kapuas ini, merupakan salah satu sentra padi. Kini, terancam ekspansi sawit.Mengapa pemerintah tak bisa menjamin lahan-lahan tani warga aman dari konversi? Foto: Mitra Lingkungan Hidup Kalteng
Desa Anjir Mambulau, Kabupaten Kapuas ini, merupakan salah satu sentra padi. Kini, terancam ekspansi sawit.Mengapa pemerintah tak bisa menjamin lahan-lahan tani warga aman dari konversi? Foto: Mitra Lingkungan Hidup Kalteng

Beralih ke sawit

Kussaritano, Direktur Eksekutif Mitra Lingkungan Hidup Kalimantan Tengah, merasa heran pemerintah berdalih sibuk mengembangan lahan buat tanaman pangan. Padahal, lahan pangan yang sudah ada tak terjaga hingga banyak beralih fungsi menjadi kebun sawit dan lain-lain.

Dia mencontohkan di Kalteng,  Desa Anjir Mambulau, Kabupaten Kapuas,  banyak memproduksi produk-produk pertanian, dari padi, sayur mayur sampai buah-buahan. Sayangnya, kawasan ini terancam ekspansi perkebunan sawit. “Harusnya pemerintah bisa menjaga lahan-lahan tani produktif itu agar tak berubah jadi fungsi lain,” ujar pria yang bisa dipanggil Itan ini.

Redistribusi tanah buat petani

Sedangkan, Rudi Cas Rudi, Ketua Rukun Tani Indonesia dan Anggota Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) sampai saat ini, Mentan belum melakukan gebrakan menangani masalah pangan di negeri ini.

Data BPS, pada April-Agustus 2014,  Indonesia impor beras 676.227 ton dengan biaya ratusan miliar. Angka impor ini tidak wajar karena Indonesia negara agraris dengan kesuburan tanah cukup bagus. Sepanjang 2014, impor beras dari lima negara, yaitu Vietnam, Thailand, Myanmar, India dan Pakistan.

Sebenarnya, kata Rudi, tak sulit menanggulangi impor beras. Pemerintah perlu mencetak sawah 150.272,6 hektar. Hasil panen petani dari satu hektar sawah sebanyak 4,5 ton dengan setahun tiga kali panen. “Ini total produksi beras selama satu tahun 2.030.853,6 ton. Dalam setahun sudah surplus beras.”

Menurut dia, beberapa faktor penyebab Indonesia menjadi pengimpor beras. Pertama, alih fungsi lahan pertanian berbasiskan tanaman pangan menjadi antara lain, perumahan, infrastruktur dan pabrik. Tidak terjamin ekonomi rumah tangga petani skala kecil, khusus di desa-desa membuat petani menjual tanah dan mencari pekerjaan lain untuk bertahan hidup.

Kedua, pembukaan lahan-lahan baru untuk pertanian tak untuk pengembangan pangan industri pangan, tetapi perkebunan komersil seperti sawit, dan karet.

Untuk itu, Rukun Tani Indonesia pun menyerukan kepada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla melakukan beberapa hal. Pertama, memerintahkan Kementerian Agraria, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan dan kementerian lain meredistribusi tanah guna mencetak sawah.

Kedua, menjamin pasar produksi pertanian sehat dengan mengurangi impor dan meningkatkan produksi pertanian. Hingga kebutuhan beras tercukupi, bahkan memungkinkan swasembada pangan.

Ketiga, mengembangkan teknologi pertanian organik dalam pengolahan pertanian. “Khusus pertanian padi agar petani-petani tidak tergantung pupuk kimia.”

Warga sudah bisa mencukupi keperluan pangan mereka, tetapi kebun sawit mengancam keberadaan lahan pangan mereka. Foto: Mitra Lingkungan Hidup Kalteng
Warga sudah bisa mencukupi keperluan pangan mereka, tetapi kebun sawit mengancam keberadaan lahan pangan mereka. Foto: Mitra Lingkungan Hidup Kalteng
Pemerintah gembar gembor mau memperkuat ketahanan pangan, salah satu memperluas ekspansi lahan pangan. Ini Desa Anjir Mambulau di Kalteng, daerah pertanian yang terancam jadi sawit. Bisakah pemerintah menghentikan konversi berkat izin-izin yang juga dikeluarkan pemerintah ini?  Foto: Mitra Lingkungan Hidup Kalteng
Pemerintah gembar gembor mau memperkuat ketahanan pangan, salah satu memperluas ekspansi lahan pangan. Ini Desa Anjir Mambulau di Kalteng, daerah pertanian yang terancam jadi sawit. Bisakah pemerintah menghentikan konversi berkat izin-izin yang juga dikeluarkan pemerintah ini? Foto: Mitra Lingkungan Hidup Kalteng
Warga Desa Anjir Mambulau, Kabupaten Kapuas, sedang menjemur pada. Daerah sentra tanaman pangan ini terancam sawit. Bertolak belakang dengan upaya perluasan pangan oleh pemerintah demi mencapai ketahanan pangan, lahan pertanian produktif  kok malah mau jadi sawit? Foto: Mitra Lingkungan  Hidup Kalteng
Warga Desa Anjir Mambulau, Kabupaten Kapuas, sedang menjemur padi. Daerah sentra tanaman pangan ini terancam sawit. Bertolak belakang dengan upaya perluasan pangan oleh pemerintah demi mencapai ketahanan pangan, lahan pertanian produktif kok malah mau jadi sawit? Foto: Mitra Lingkungan Hidup Kalteng
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,