, ,

Tahukah Anda Fakta si Kupu-kupu Cantik Ini?

Kupu-kupu. Itulah nama satwa bangsa serangga atau ordo Lepidoptera ini. Ia binatang sangat penting sebagai penyerbuk dalam proses pembuahan bunga. Ternyata tak hanya itu, masih banyak manfaat dari satwa cantik satu ini.

Di Asia, kupu-kupu banyak menjadi eksperimen dengan tidak memperhatikan keberlangsungan hidup mereka. Ia dibunuh dan diawetkan, lalu dijual.

“Di Malaysia, mengapa kami datang ke sini, karena banyak juga kupu-kupu diawetkan. Ini salah. Kami berharap tidak ada lagi,” kata Marfel San Riyaz, mahasiswi kedokteran hewan di India, sedang meneliti kupu-kupu di negara tropis, seperti Malaysia. Dia bersama rekan-rekannya, juga kampanye menolak perburuan kupu-kupu.

Dia mengatakan, kupu-kupu mampu menambah informasi soal studi lingkungan maupun kondisi alam dan bencana. Spesies ini dianggap mampu memberikan informasi soal bagaimana daerah bisa berpotensi bencana alam.

Artinya, jika daerah ada sejumlah jenis kupu-kupu hidup, bisa menjelaskan bagaimana tofografi wilayah, peluang bencana alam, hingga spesies apa yang hidup di sana.

Satwa cantik ini banyak manfaat, dari penyerbukan sampai sebagai pemberi informasi kondisi suatu wilayah. Foto: Ayat S Karokaro
Satwa cantik ini banyak manfaat, dari penyerbukan sampai sebagai pemberi informasi kondisi suatu wilayah. Foto: Ayat S Karokaro

“Jadi ada Defobus, Ulises, dan Gambresius. Jenis ini banyak ditemukan hidup di wilayah tropis dengan peluang bencana alam gempa, banjir, dan longsor cukup tinggi terjadi,” kata Marfel.

Sayangnya, jenis ini paling banyak diburu karena bentuk unik dan langka. Jika dibiarkan lambat laun akan habis. “Itu kan sangat tidak menguntungkan bagi manusia dan makhluk hidup lain.”

Menurut dia, kalau ingin mengembangbiakkan sebagai obyek wisata atau pebobi sebenarnya boleh saja. Namun, jangan sampai menganggu keberlangsungan hidup kupu-kupu.

Akhir 2014, saya menyaksikan bagaimana kupu-kupu berbagai jenis ini hidup di penangkaran di Teluk Bahang, Penang, Malaysia. Nama tempat itu Penang Butterfly Farm. Berbagai jenis kupu-kupu hidup dan berkembang biak disini. Salah satu raja brooke’s bird wing. Ukuran sayap cukup besar, sekitar lima sampai enam inch. Seluruh tubuh warna hitam, dan hijau kekuningan.

Bentuk yang indah dan cantik menjadi daya tarik buat mengawetkan satwa ini, sebagai koleksi atau diperjualbelikan. Foto: Ayat S Karokaro
Bentuk yang indah dan cantik menjadi daya tarik buat mengawetkan satwa ini, sebagai koleksi atau diperjualbelikan. Foto: Ayat S Karokaro

Yola Nasril, rekan peneliti Marfel, mengatakan, kupu-kupu adalah serangga berdarah dingin, yang membutuhkan udara sejuk buat hidup. Ia juga membutuhkan cahaya matahari cukup buat perkembangan hidup, dan menghangatkan tubuh mereka. Biasa, serangga ini banyak ditemukan di hutan yang memiliki aliran air cukup banyak dan cahaya matahari cukup tinggi.

Kupu-kupu banyak di daerah banyak tumbuh-tumbuhan mengandung madu atau nektar, salah satu bunga berwarna cerah. Itu menjadi faktor utama.  Mengingat kupu-kupu sangat menyukai madu.

“Jika melihat bunga warna merah, kuning, merah muda atau orange, kita bisa mudah menemukan kupu-kupu ini. Mereka juga ditemukan pada dedaunan,  terutama sirih hutan.  Pada buah-buahan, di pohon jambu dan jeruk,” kata Yola, juga tim kampanye tolak perburuan kupu-kupu.

Dia mengatakan, ada keunikan pada kupu-kupu. Selain warna cantik dan indah, ia memiliki penciuman cukup tajam, mencapai 14-17 kilometer. Sekaligus alat mengantisipasi musuh atau pemburu. Kupu-kupu juga dapat mengetahui di mana tanaman inang buat makanan atau tempat bertelur.

Kupu-kupu adalah serangga berdarah dingin, yang membutuhkan udara sejuk buat hidup. Foto: Ayat S Karokaro
Kupu-kupu adalah serangga berdarah dingin, yang membutuhkan udara sejuk buat hidup. Foto: Ayat S Karokaro
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,