Sifonofora, Makhluk Apakah Gerangan Ini?

Pernahkah terlintas di benak Anda membayangkan wujud makhluk hidup yang ada di planet lain? Buku, komik, maupun film science fiction coba menggambarkan penampakan makluk aneh dari luar angkasa dengan wujud yang tak pernah kita reka sebelumnya.

Namun, ternyata, nun jauh di kedalaman laut, ada makhluk hidup aneh, unik, dan menantang untuk diteliti yang dapat kita temukan di bumi. Planet tempat kita hidup.

Seperti yang dikutip dari Nature World News, Tim Ekspedisi Nautilus Live yang memasang sebuah kendaraan kemudi jarak jauh atau remotely operated vehicle (ROV) di dasar laut mendapati adanya makhluk hidup dengan wujud yang mempesona. Sekaligus mencengangkan! Karena, bentuknya yang sangat unik dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

Sifonofora merupakan kolonidari ribuan organisme tunggal. Sumber: Libertynewsservice.org
Sifonofora merupakan kolonidari ribuan organisme tunggal. Sumber: Libertynewsservice.org

Jenis sifonofora (siphonophore) berwarna keunguan ini ditemukan di dasar laut dengan gerakannya yang sirkular. Meski demikian, bila dilihat sekilas, akan sulit dipercaya bila makhluk laut ini benar-benar hidup. Tak terkecuali para penyelam bawah laut yang memang benar ahli dan begitu akrab dengan beragam jenis hewan laut lainnya.

Menariknya lagi, meski sepintas hewan ini tampak seperti ubur-ubur, nyatanya sifonofora adalah sebuah koloni yang terdiri dari ribuan organisme tunggal yang disebut sebagai zooid.

Ketika bersatu menjadi sebuah koloni, organisme-organisme ini menjalankan fungsinya masing-masing. Mereka menyesuaikan anatominya guna menjalankan peran tertentu, misalnya, mengambang, menyengat, makan, atau bereproduksi.

Bentuk orgasme tunggal yang ada dalam sifonofora. Sumber: Deepseanews.com
Bentuk organisme tunggal yang ada dalam sifonofora. Sumber: Deepseanews.com

Penulis Deep Sea News R.R Helm menjuluki makhluk ini “shocking shade” ketika melihat gerakan makhluk mengagumkan dalam rekaman video di bawah ini.

“Bagi saya, bagian terbaik dari ilmu pengetahuan adalah menemukan hal-hal seperti ini. Melihat sesuatu yang benar-benar mengejutkan dan tak terbayangkan. Meski sudah mempelajari berbagai macam makluk laut dalam lima tahun terakhir, video ini benar-benar membuat saya terperangah. Makluk ini, apapun itu, benar-benar mengejutkan saya,” jelasnya yang sungguh penasaran.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , ,