, ,

Beginilah Aksi TNI Di Hutan Mangrove Pejarakan Buleleng. Ada Apa?

Siang itu pada Sabtu Sabtu (26/09/2015), terlihat aktivitas di kawasan Hutan Mangrove Dusun Marga Garuda, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Sejumlah anggota TNI dari Kodim 1609/Buleleng sibuk di hutan yang mulai rusak itu. Mereka datang bukan dengan membawa senjata untuk berlatih perang, tetapi malah membawa bibit untuk ditanam di hutan mangrove.

Komandan Kodim (Dandim) 169/Buleleng, Letkol Inf. Budi Prasetyo yang ditemui Mongabay mengatakan mereka melakukan aksi penanaman bibit manggrove secara spontan karena melihat kawasan mangrove di sepanjang 144 km pesisir pantai Buleleng mulai rusak dan menipis. Padahal mangrove berperan penting dalam menahan abrasi dan tempat hidup berbagai satwa pesisir.  

‘’Kami hanya melakukan kegiatan secara spontan, diharapkan masyarakat semakin sadar menjaga lingkungan disekelilingnya terutama menjaga kelestaria mangrove yang sangat berfungsi untuk menahan abrasi,’’ ungkap Budi.

Dari pemikiran tersebut, Dandim 169 / Buleleng melakukan penanaman  350 bibit mangrove di kawasan pantai Desa Pejarakan, yang nantinya bisa bermanfaat mencegah kerusakan lingkungan, khususnya dari pengaruh alam dan tangan-tangan usil. “Kami akan melakukan penanaman manggrove ini berkelanjutan. Ini bertujuan mencegah abrasi dan kerusakan lingkungan. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini bersama camat dan prebekel setempat,” ujarnya.

Ia melanjutkan dulunya hutan mangrove di kawasan pantai Pejarakan sangat lebat. Tapi belakangan masyarakat cenderung memanfaatkan hutan sebagai lokasi tambak, dengan melakukan penebangan dan membuka lahan yang merusak fungsi ekologis mangrove.

Sejumlah anggota TNI dari Kodim 1609/Buleleng melakukan aksi penanaman bibit mangrove di terlihat aktivitas di kawasan Hutan Mangrove Dusu Marga Garuda, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Sabtu (26/09/2015). Foto : Kodim 1609/Buleleng
Sejumlah anggota TNI dari Kodim 1609/Buleleng melakukan aksi penanaman bibit mangrove di terlihat aktivitas di kawasan Hutan Mangrove Dusu Marga Garuda, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Sabtu (26/09/2015). Foto : Kodim 1609/Buleleng

Oleh karena itu Budi Prasetyo mengatakan pihaknya berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan khususnya di kawasan lahan mangrove. “Kami mengantisipasi abrasi dan kerusakan lingkungan melalui penanaman ini. Mengingat banyak masyarakat mengembangkan tambak yang berjarak dekat dengan pantai di sekitar hutan mangrove,” tambahnya.

Ke depan edukasi dan sosialisasi pemahaman melindungi hutan bakau semakin digencarkan TNI. Ia bahkan telah meminta anggotanya di Desa Pejarakan melakukan pemantauan lahan mangrove. Tanaman mangrove menjadi bagian dari milik negara, jika ternyata terjadi abrasi kerugian jelas akan dirasakan masyarakat. “Kami nanti libatkan Babinsa, Babinkamtibmas, dan masyarakat menjaga lingkungan mangrove. Jangan sampai ada abrasi karena tidak ada yang melindungi manggrove,” pungkasnya.
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , , , , , ,