Ubur-ubur Surai Singa dan Fakta Uniknya

Ubur-ubur diperkirakan sudah ada di laut sejak 650 juta tahun lalu, sebelum eranya dinosaurus.

Makhluk mengagumkan ini sekitar 95 persen tubuhnya merupakan air. Pastinya, tanpa tulang atau tulang rawan, tidak ada jantung dan darah, dan tidak ada pula otak. Bisa disebut, makhluk air ini salah satu bentuk kehidupan di muka bumi yang sederhana dan primitif dengan ukuran tubuh berbagai bentuk.

Ubur-ubur surai singa (Lion’s mane jellyfish) merupakan salah satu jenis ubur-ubur beracun dengan ukuran besar. Meski ditakuti, namun penyelam yang pernah melihatnya mengatakan inilah hewan invertebrata paling cantik yang pernah mereka temui.

Berikut fakta unik ubur-ubur raksasa ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Perbadingan panjang tubuh surai singa dan jenis makhluk air lainnya. Sumber: Helmholtz.de

Perbadingan panjang tubuh surai singa dan jenis makhluk air lainnya. Sumber: Helmholtz.de

  1. Tubuhnya bisa tumbuh hingga 36 meter

Sebagai perbandingan, panjang paus biru terbesar yang pernah ditemukan panjangnya 33 meter. Meski begitu, hewan ini bukanlah yang terpanjang di dunia. Menurut para ahli kelautan, cacing bootlace (Lineus longissimus) adalah hewan terpanjang yang mampu tumbuh hingga 55 meter!

2. Makan dan buang air dari lubang yang sama

Lubang pada ubur-ubur ini berfungsi sebagai mulut dan anus.

3. Tidak imun terhadap predator

Ubur-ubur surai singa, sebagaimana terlihat di video, begitu hati-hari saat dikelilingi anemon yang lapar. Tenggorokan ubur-ubur dengan tonjolan ke belakang berfungsi untuk mengarahkan makanan ke perutnya. Tonjolan itu juga membuatnya mempermudah melarikan diri.

4. Memiliki variasi warna

Individu ubur-ubur surai singa dewasa biasanya berwarna ungu atau merah. Sedangkan yang lebih kecil umumnya oranye gelap.

5. Satu individu mampu menyengat 50 orang

Pada 2010, di Pantai Rye, New Hampsire, AS, terjadi kejadian menghebohkan ketika lebih dari 50 orang tersengat ubur-ubur. Aparat setempat menemukan satu bangkai ubur-ubur surai singa di lokasi kejadian, dan meyakini dialah pelakunya. Namun, apakah satu?

“Bukan sesuatu yang wajar,” kata Sean Told, ahli biologi kelautan sebagaimana dikutip dari LiveScience. “Namun, bukan hal yang mustahil, mengingat ubur-ubur jenis ini memiliki banyak tentakel.” Sean meyatakan bahwa ubur-ubur yang mati pun masih beracun, dan kejadian yang terjadi di New Hampsire tersebut dikarenakan badan ubur-ubur telah terbagi menjadi bagian kecil.

Surai singa ini mampu menyengat hingga 50 orang. Sumber: Scienceheathen.com
Surai singa ini mampu menyengat hingga 50 orang. Sumber: Scienceheathen.com

6. Memiliki 1.200 tentakel

Ubur-ubur ini memiliki delapan bagian tubuh di bagian bawahnya yang masing-masing 70 hingga 120 tentakel.

Sayangnya, foto ini di-photoshop. Jika anda google “giant jellyfish” foto ini yang pertama kali muncul dan dipakai oleh beberapa blog di seluruh dunia dalam berbagai bahasa. Para ahli mengatakan, ukuran maksimal ubur-ubur surai singa berdiameter 2,5 meter. Lebih kecil dari foto hasil editan ini.

Gambaran surai singa. Sumber: Mentalfloss.com
Gambaran surai singa. Sumber: Mentalfloss.com

7. Hanya hidup satu tahun

Ada satu jenis ubur-ubur yang secara fungsional tidak pernah mati. Namun, ubur-ubur surai singa termasuk yang berumur pendek.

8. Suka wilayah dingin

Ubur-ubur surai singa merupakan penghuni perairan dingin di Atlantik dan jarang menuju ke selatan. Mereka juga tidak suka turun jauh ke perairan dalam dan sering terlihat mendekati permukaan. Jarang sekali menyelam hingga di bawah kedalaman 20 meter.

9. Reproduksi seksual dan aseksual

Ketika dewasa, ubur-ubur ini bereproduksi dengan mengeluarkan sperma dan sel telur. Bahkan, mampu mengkloning dirinya secara aseksual.

Surai singa menyenangi daerah dingin. Sumber: Wikipedia

10. Memiliki susunan syaraf pusat

Syaraf pusat ini dapat ditemukan di “kerudung” tubuhnya.

11. Populasinya meledak

Menurut para ahli, penangkapan ikan yang berlebihan dan naiknya temperatur laut membuat populasi ubur-ubur melimpah dalam beberapa dekade terakhir.

12. Berenang berkelompok

Ubur-ubur ini sering terlihat berkelompok dengan klaster sepanjang satu kilometer yang disebut ‘shoal”

Berenang berkelompok. Sumber: Asset-cache.net
Berenang berkelompok. Sumber: Asset-cache.net

13. Sering dikepung ikan

Meski beracun, ubur-ubur surai singa ini tidak berdampak pada ikan dari genus Caranx. Ikan-ikan ini sering berkerumun dekat ubur-ubur, terutama di sekitar tentakel, untuk berlindung.

14. Ada dalam cerita Sherlock Holmes

Pada 1926, dalam cerita “The Advanture of the Lion’s Mane” disebutkan bahwa seorang profesor ditemukan mati yang diduga pelakunya adalah ubur-ubur surai singa.

Surai singa ini diceritakan juga dalam cerita Sherlock Holmes. Sumber: Arthur-conan-doyle.com
Surai singa ini diceritakan juga dalam cerita Sherlock Holmes. Sumber: Arthur-conan-doyle.com
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , , , ,