, ,

Kala Sumber Air Warga Sikayu Terancam Pabrik Semen

Hamparan sawah menghijau di teras sisi utara pegunungan karst, Kecamatan Buayan, Kebumen, satu bulan lagi panen. Berkat sumber air melimpah, sawah mereka mampu panen tiga kali dalam setahun. Sumber air itu dari beberapa mata air di sepanjang Pegunungan Karst Gombong Selatan.

Air memang berkah bagi warga Buayan, dan kecamatan sekitar pegunungan itu seperti Kuwarasan, Adimulyo, dan Puring. Wilayah ini tak pernah kesulitan air apalagi kekeringan. Bahkan, sumber air dipakai PDAM menyuplai kebutuhan air di Kebumen.

Selain mengandalkan irigasi, petani banyak memanfaatkan ubalan. Suhaji, warga desa Sikayu, mengatakan, ubalan adalah mata air kecil yang seperti muncul begitu saja di sawah-sawah mereka. Meski pada kemarau debit turun, tetapi saluran irigasi tak pernah kering.

“Ubalan ini ratusan. Bisa muncul di mana saja, tengah sawah, pinggir jalan, lereng-lereng. Petani juga mengandalkan aliran tersier sejak zaman Belanda,” katanya, di Sikayu, Rabu (17/2/16).

Kini, warga Buayan terutama Desa Sikayu resah, menyusul pengumuman Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kebumen 3 Februari 2016. Dalam selembar kertas itu BPMPT mengumumkan permohonan izin lingkungan PT Semen Gombong, anak perusahaan Medco.

Kepala Desa Sikayu, Buayan, Kebumen, Teguh Prihatin memperlihatkan surat pengumuman permohonan izin lingkungan PT Semen Gombong. Foto: Nuswantoro
Kepala Desa Sikayu, Buayan, Kebumen, Teguh Prihatin memperlihatkan surat pengumuman permohonan izin lingkungan PT Semen Gombong. Foto: Nuswantoro

Warga khawatir penambangan di gunung karst berdampak pada pasokan air mereka. Lapiyo, Wakil Ketua Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (Perpag) mengatakan, sejak lahir, bahkan dari zaman dulu pasokan air tak pernah bermasalah.

“Kalau gunung karst dirusak makhluk hidup yang bergantung kepada air bagaimana? Manusia kesulitan air, sawah kering, ikan mati.”

Atas pengumuman itu, Perpag Rabu (10/2/16) menggelar aksi menolak Semen Gombong yang mengincar bahan tambang gunung karst mereka. Warga tak rela gunung karst jutaan tahun menopang kehidupan warga dikeruk untuk pabrik semen.

“Tanah sini saya coba bor 25 meter tidak keluar air. Untuk mendapatkan air tak ada alternatif selain mengandalkan kemurahan alam. Kalau karst dihabiskan alamat bencana, kami bisa kehabisan air,” katanya.

Rencana penambangan semen di karst sudah lama. Bahkan perusahan memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB) sejak lama. Sebagian warga sudah menjual tanah ke perusahaan. Menurut Lapiyo, ada 250 warga terlanjur menjual tanah ke Semen Gombong.

Rasiman, Kaur Umum Desa Sikayu membenarkan, tahun 1995 terjadi pembebasan tanah untuk pabrik semen.

“Di Sikayu ada 120-an hektar tanah dibebaskan. Saat pengukuran saya ikut, dikerjakan dua bulan. Karena ada krisis moneter pembebasan terhenti.”

Kala itu, tanah warga hanya Rp1.500 per meter. Belakangan muncul angka di koran lokal menyebut harga Rp6.000 per meter, lalu memunculkan protes warga. Warga menerima karena era Orba sikap represif pemerintah membuat mereka tak punya banyak pilihan.

Warga Sikayu banyak memanfaatkan air melimpah dengan membuat kolam ikan. Foto: Nuswantoro
Warga Sikayu banyak memanfaatkan air melimpah dengan membuat kolam ikan. Foto: Nuswantoro

Warga kini sadar betapa penting keberadaan karst. Mereka banyak menyesal menjual ke Semen Gombong.

Teguh Prihatin, Kepala Desa Sikayu menjelaskan, penolakan rencana penambangan Semen Gombong sangat beralasan. Teguh memperlihatkan, pengumuman BPMPT yang menyebutkan Semen Gombong mengajukan izin lingkungan untuk tambang batu lempung (124 hektar), tambang batu gamping (147,5 hektar), pabrik semen (54 hektar), dan jalan produksi. Proyek Rp125 miliar itu berada di Kecamatan Buayan, dan Rowokele.

Di Sikayu, katanya, ada 13 titik mata air dengan debit cukup besar, dari 32 yang ditemukan di seluruh karst Gombong Selatan. Mata air itu antara lain Candi, Jeblosan, Karangkamal, Winong, Sirah, dan Jumbleng. Bahkan di Candi terdapat danau bawah tanah besar.

Warga khawatir eksploitasi lahan 300 hektar lebih di karst ini akan merusak sistem air yang terbangun jutaan tahun. Belum lagi, dampak polutan dan keseimbangan ekosistem.

“Sikap kami, pemerintah desa, sumber mata air adalah harga mati. Begitupun warga kami juga menganggap sumber air adalah harga mati,” kata Teguh.

Kini, warga Sikayu terus menghitung waktu. Apakah pemerintah sebagai regulator meloloskan izin penambangan alias memilih investor atau berpihak pada keselamatan warga. “Bagi warga, tanpa air manusia mati, tanpa semen manusia masih bisa hidup.

Air dari sumber air Candi untk kebutuhan sekitar 100 keluarga. Foto: Tommy Apriando
Air dari sumber air Candi untk kebutuhan sekitar 100 keluarga. Foto: Tommy Apriando
Sumber air jeblosan mengalir dari sungai bawah tanah pegunungan karst Gombong yang akan ditambang PT Semen Gombong. Foto: Tommy Apriando
Sumber air jeblosan mengalir dari sungai bawah tanah pegunungan karst Gombong yang akan ditambang PT Semen Gombong. Foto: Tommy Apriando
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,