,

Menyedihkan, Tiga Individu Orangutan Mati Terbakar

Tiga individu orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus morio) ditemukan mati terpanggang di kawasan Jl. Arif Rahman Hakim, Gang Makmur, RT 41, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Ketiga individu orangutan tersebut diketahui tak bernyawa lagi setelah pada Minggu (21/2/2016) pagi, warga menyusuri areal kebakaran lahan yang terjadi di kawasan tersebut.

Dede Nurhidayat, Staf Balai Taman Nasional Kutai (TNK), saat di hubungi Mongabay menuturkan, warga saat itu melakukan menelusuran di area kebakaran. Tepatnya, pukul 07.00 Wita mereka menemukan tiga individu orangutan mati terbakar yang terdiri dua dewasa dan satu bayi. “Kami baru datang ke lokasi setelah ada warga yang mem-posting orangutan terpanggang. Kami dari TNK langsung melakukan pengecekan ke lokasi.”

Menurut Dede, kebakaran tersebut terjadi Sabtu (20/2/2016). Warga sekitar telah menghubungi tim pemadam kebakaran Kota Bontang yang datang dan segera melakukan pemadaman agar tidak meluas ke permukiman penduduk. Lalu, esok paginya seorang ibu, mem-posting individu orangutan yang mati terpanggang di lahan yang terbakar itu, di media sosial. Petugas dari Balai TNK dan aparat kepolisian segera melakukan pengecekan. Setelah dilakukan pemeriksaan di tempat kejadian perkara, ketiga orangutan tersebut ditemukan dan langsung dikubur di lokasi.

“Bila melihat kejadian, dugaan sementara adalah ketiga orangutan itu mati karena terjebak. Mereka terperangkap dan tidak bisa bergerak. Memang, orangutan bisa melarikan diri atau menghidar dari kebakaran hutan, namun kalau sudah terjebak, mereka tidak bisa apa-apa,” papar Dede.

Pihak kepolisian juga telah melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. Bripda Aji P, Satreskrim Polres Bontang, saat dihubungi Mongabay mengatakan, kepolisian sedang melakukan penyelidikan terkait kebakaran hutan tersebut.

“Kepolisian masih belum melakukan pemeriksaan terhadap warga yang mengetahui, mungkin Senin, akan memanggil warga yang memposting gambar tersebut, juga si  pemilik lahan dan warga yang pertama kali melihat. Yang pasti, kami belum tahu dan tidak tahu ada orangutan di kawasan tersebut,” kata Aji.

Lokasi tempat ditemukannya tiga individu orangutan yang mati terpanggang. Sumber foto: Facebook COP
Lokasi tempat ditemukannya tiga individu orangutan yang mati terpanggang. Sumber foto: Facebook COP

Paulinus Kristianto, Staf Centre for Orangutan Protection (COP) yang ikut menyaksikan penemuan tiga orangutan itu mengatakan, penemuan tiga individu orangutan tersebut tidak jauh dari permukiman warga, sekitar 10-20 meter. Sementara, hutan tempat tinggal orangutan ini berada di kawasan hutan kecil yang berada di seberang jalan. “Sebenarnya, lokasi tinggal orangutan ini di kawasan yang kecil dan dekat tempat tinggal warga. Sementara, lahan yang terbakar tidak sampai satu hektar.”

Ditambahkan Paulinus, COP siap membantu pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus terbakarnya tiga individu orangutan tersebut. “Kami siap membantu nekropsi, apa penyebab utama matinya orangutan ini,” paparnya.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,