,

Filefish, Ikan Unik Dari Lautan

Ikan ini adalah satu dari beragam jenis ikan yang ada di lautan. Memang bukanlah ikan yang lazim anda konsumsi sehari-hari, walaupun ikan ini cukup banyak anda jumpai di daerah tropis.

Filefish (Monacanthidae) adalah keluarga tropis untuk ikan tetraodontiform laut subtropis, yang juga dikenal sebagai foolfish, leatherjackets atau herpes zoster. Mereka tinggal di Atlantik, Pasifik dan Hindia. Filefish terkait erat dengan cepluk, ikan buntal dan trunkfish.

Keluarga filefish terdiri dari sekitar 102 spesies dalam 27 genera. Lebih dari setengah dari spesies yang ditemukan di perairan Australia, dengan 58 spesies dalam 23 genera.

Beberapa jenis dari mereka mempunyai kulit yang cukup kasar, sehingga pada beberapa daerah, pada waktu yang lalu, ketika dikeringkan, kulit filefish pernah digunakan untuk menyelesaikan atau mengamplas perahu kayu.

Tampil dengan jenis yang cukup banyak seperti kerabat dekat mereka cepluk itu, filefish adalah ikan rhomboid berbentuk indah dan mempunyai pola samar.

Mulut terminal kecil filefish memiliki spesialisasi gigi seri pada rahang atas dan bawah. Di rahang atas ada empat gigi dalam seri dalam dan enam dalam seri luar. Di rahang bawah, ada 4-6 dalam seri luar saja.

Filefish (Monacanthidae) tersebar di Samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Foto : Wisuda
Filefish (Monacanthidae) tersebar di Samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Foto : Wisuda

Beberapa filefish mempunyai tulang belakang punggung dan panggul yang tegak, secara bersamaan, sehingga membuatnya sulit dikeluarkan oleh para predatornya dari lubang karang, karena tulang tersebut mengait ke lekukan karang.

Spesies filefish terbesar adalah filefish tertulis (Aluterus scriptus), yang mempunyai panjang sampai dengan 110 cm. Sedangkan sebagian besar spesies filefish hanya mempunyai panjang di bawah 60 cm.

Beberapa spesies filefish punya dimorfisme seksual, dengan jenis kelamin yang memiliki warna yang berbeda, bentuk tubuh yang berbeda, dan laki-laki dengan duri ekor yang lebih besar dan bulu.

Filefish dewasa umumnya adalah ikan air dangkal, dengan kedalaman tidak lebih dari sekitar 30 meter. Mereka dapat ditemukan di laguna, terumbu karang dan padang lamun. Beberapa spesies bahkan juga tinggal air payau, seperti muara.

Baik soliter, berpasangan atau kelompok kecil tergantung pada spesies, filefish bukanlah perenang yang baik, sirip kecil mereka membatasi ikan untuk bergerak cepat. Filefish sering diamati melayang dengan kepala ke bawah di antara tegakan rumput laut, mungkin dalam upaya untuk menipu kedua predator dan mangsanya sama. Ketika terancam, filefish mungkin mundur ke celah-celah karang.

Filefish (Monacanthidae) merupakan ikan tetraodontiform laut subtropics. Foto : Wisuda
Filefish (Monacanthidae) merupakan ikan tetraodontiform laut subtropics. Foto : Wisuda

Kebiasaan makan filefish bervariasi di setiap spesiesnya. Beberapa hanya memakan alga dan lamun, sedangkan yang lainnya juga memakan invertebrata bentik kecil, seperti tunicates, gorgonian, dan hydrozoa. Sementara beberapa spesies yang lainnya lagi, memakan karang. filefish muda bersifat pelagis, yaitu mereka sering perairan terbuka.

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,