, ,

Di Panggung Oscar, Leonardo DiCaprio Serukan Ancaman Perubahan Iklim

Aktor film Leonardo DiCaprio menorehkan prestasi kinclong di layar lebar. Melalui perannya di film The Revenant, aktor ini menyabet piala Academy Award 2016 untuk kategori aktor terbaik. Penghargaan ini adalah penghargaan  pertama kalinya dalam karir filmnya setelah berkali-kali masuk dalam daftar nominasi. Dalam kesempatan istimewa itu, DiCaprio juga menyerukan sebuah pernyataan menohok terhadap perubahan iklim. Dia mengajak seluruh hadirin dan penonton untuk ikut terlbat dalam mengatasi perubahan iklim.

“Membuat The Revenant adalah tentang hubungan manusia dengan alam. Sebuah dunia yang kita secara kolektif merasa tahun 2015 sebagai tahun terpanas dalam catatan sejarah, “kata DiCaprio di panggung Dolby Theatre, California. “Produksi kami harus pindah ke ujung selatan planet ini hanya untuk dapat menemukan salju. Perubahan iklim itu nyata dan terjadi sekarang.”

Pemeran Hugh Glass itu menyatakan hal ini merupakan ancaman yang paling mendesak dihadapi seluruh spesies. Dan manusia, kata dia, perlu bekerja secara kolektif dan berhenti menunda-nunda aksi. Menurutnya, semua orang perlu mendukung pemimpin di seluruh dunia untuk tidak bicara tentang polusi besar tetapi bicara untuk seluruh umat manusia, untuk masyarakat adat dunia.

“Untuk miliaran orang yang kurang mampu di luar sana yang akan terpengaruh oleh fenomena ini, untuk anak-anak kita dan bagi orang di luar sana yang suaranya telah tenggelam oleh politik keserakahan,” ujarnya sambil mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang luar biasa tersebut. Hadirin terlihat terkesima dengan pernyataan DiCaprio. Bahkan lawan mainnya di film Titanic, Kate Winslet yang ikut berbahagia terlihat menangis haru.

The Revenant berkisah tentang penjelajahan padang gurun yang belum terpetakan pada 1823. Menghadirkan tokoh Hugh Glass (Leonardo DiCaprio) menopang luka dari serangan beruang brutal. Ketika tim berburu meninggalkan dia untuk mati, Glass harus memanfaatkan keterampilan bertahan hidup, menemukan jalan kembali ke rumah untuk keluarga tercinta. Dalam situasi berduka dan didorong oleh dendam, Glass melalui medan yang sulit pada  musim dingin melacak John Fitzgerald (Tom Hardy), mantan orang kepercayaan yang mengkhianati dan meninggalkan dia.

Leonardo DiCaprio dalam salah satu adegan film The Revenant. Sumber foto: Twentieth Century Fox
Leonardo DiCaprio dalam salah satu adegan film The Revenant. Sumber foto: Twentieth Century Fox

DiCaprio, salah satu pesohor yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Sejak ketenarannya yang dimulai akhir 1980-an, dia telah menjadi pendukung yang vokal dalam soal lingkunan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, dia menggunakan acara-acara penghargaan dan acara lainnya untuk menyerukan perubahan iklim, kepunahan spesies, penggundulan hutan dan ancaman terhadap masyarakat adat.

Lihat saja, dia ikut menyerukan soal perubahan iklim ini pada pertemuan penting di World Economic Forum di Davos, Swiss pada Januari 2016 lalu. Saat itu, dia juga menerima penghargaan prestisius, Crystal Award. Sebuah penghargaan yang diberikan kepada pesohor dan pemimpin kebudayaan yang membantu masalah kemanusiaan dan tantangan lingkungan. Agustus tahun lalu, DiCaprio juga hadir pada akhir minggu pertama pertemuan negosiasi iklim para wali kota, di Paris. Saat itu dia memberikan pidato pada ratusan wali kota dan pemimpin lokal di seluruh dunia termasuk Wali Kota Paris Anne Hidalgo, mantan wali kota New York City Michael R. Bloomberg.

Pada 2014, Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa, Ban-Ki Moon menunjuk DiCaprio sebagai utusan khusus untuk perdamaian lembaga internasional yang memfokuskan pada  masalah perubahan iklim. Dia juga ikut hadir dalam pertemuan PBB untuk Perubahan Iklim di New York.

Kepedulian DiCaprio terhadap lingkungan juga ditunjukkan melalui aksinya dan sumbangan yayasannya, Leonardo DiCaprio Foundation. Yayasannya ini  telah membantu puluhan juta dolar untuk organisasi yang bekerja melindungi hutan, satwa liar, masyarakat adat, lautan dan sebagainya. Sejak 2010, yayasan telah mendanai lebih dari 70 proyek berdampak tinggi di lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

“Yayasan Leonardo DiCaprio membawa fokus strategis untuk membantu masyarakat pesisir melindungi keanekaragaman hayati,” kata J. Charles Fox, Direktur Program Kelautan 5. “Mereka memberikan pengetahuan dan kapasitas yang signifikan untuk Oceans 5, sehingga kita bisa lebih baik mencapai tujuan kami, untuk laut konservasi.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Pendiri dan Direktur Eksekutif Clearwater. Mitch Anderson.   Yayasan DiCaprio telah membantu gerakan masyarakat adat untuk konservasi hutan hujan  dan kelangsungan hidup budaya memberikan dukungan penting untuk Ekuador Amazon utara. “Dukungan ini siap untuk melindungi jutaan hektare hutan hujan tropis dengan memberdayakan dan memperkuat masyarakat adat untuk menangkis industri ekstraktif.”

Suku Arikara dengan baju dari kulit beruang yang menjadi inspirasi dalam fIlm Revenant. Sumber foto: Wikimedia
Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,