Mongabay Travel : Menikmati Segarnya Curug Citambur

Berlibur ke tempat wisata yang sudah sering dikunjungi orang, mungkin bukan pilihan untuk anda yang suka menghabiskan waktu luang di tempat tenang. Apalagi untuk yang hobi travelling, mencari tempat liburan yang tersembunyi dan belum terekspose sering kali menjadi pilihan destinasi.

Buat Anda yang tertarik dengan destinasi yang masih jarang orang kunjungi, tak ada salahnya untuk mendatangi Wanawisata Curug Citambur. Air terjun yang berlokasi di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat itu menyuguhkan panorama alam yang indah. Curug Citambur berada di ketinggian kurang lebih 1.400 mdpl, maka tak heran jika mengunjungi curug ini udara yang sejuk dan segar bisa Anda dirasakan.

Ibarat surga yang tersembunyi, curug ini belum banyak dikenal orang. Paling hanya warga sekitar yang sering menghabiskan penat ke curug tersebut. Saat berada di lokasi, hamparan pesawahan, lekukan tebing, dan suara burung akan membuat Anda betah berlama-lama.

Menurut warga sekitar, sejarah dinamakan Curug Citambur yakni karena suara air curug tersebut berbunyi seperti alat musik tambur. Hal itu disebabkan karena air yang langsung menghantam bebatuan. “Emang dulu suara curugnya seperti suara tambur, tapi sekarang mah sudah tidak,“ ujar Sopri (65) pengelola Curug Citambur, yang ditemui pada Senin (11/07/2016).

Untuk sampai ke lokasi wanawisata ini bisa di tempuh melalui beberapa jalur. Yakni dapat melalui Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 40 km dari arah Ciwidey, menuju Cipelah dan dari arah Kota Cianjur sekitar sekitar 65 km menuju Pagelaran.

Curug Citambur memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Curug ini memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan curug-curug lainnya. Besarnya volume air yang menghantam permukaan sungai menjadikan curug ini selalu diselimuti kabut tipis. Selain itu bila mengunjungi tempat ini pengunjung akan disuguhi udara yang dingin nan sejuk. Namun jika mengunjungi tempat ini, harus berhati-hati sebab kondisi jalan yang licin akibat cipratan air dari Curug Citambur.

Selain curug, di kawasan Wanawisata Curug Citambur, Ciancur, Jabar, juga terdapat rawa. Pengunjung bisa memancing atau mengelilingi rawa dengan perahu yang disediakan. Foto: Adi Permana
Selain curug, di kawasan Wanawisata Curug Citambur, Ciancur, Jabar, juga terdapat rawa. Pengunjung bisa memancing atau mengelilingi rawa dengan perahu yang disediakan. Foto: Adi Permana

Selain curug, di tempat ini juga terdapat terdapat rawa berair jernih yang bisa digunakan untuk kegiatan hobi seperti mancing dan bermain air. Pengunjung pun disediakan perahu bagi yang ingin berkeliling di rawa tersebut. Untuk datang ke lokasi ini, Anda tidak perlu merogok kocek terlalu dalam, hanya dengan membayar karcis seharga Rp7.000 pengunjung bisa langsung menikmati indahnya wana wisata Curug Citambur.

Spot Berfoto dan Main Air

Curug Citambur memiliki keindahan alam yang masih asri. Suasana pegunungan dan pesawahan senantiasa memanjakan mata Anda. Pengunjung yang memiliki hobi fotografi bisa menjadikan curug ini sebagai objek fotografi yang bagus. Anda bisa mengabadikan momen di sisi kiri curug tersebut, atau bila ingin hasil foto lebih bagus, pengunjung bisa turun sedikit ke bawah mengikuti aliran sungai curug.

Di tempat ini, ada anak curug yang bisa dijadikan tempat bermain air atau sambil mandi menghilangkan penat setelah menempuh perjalanan menuju perjalanan. Kondisi airnya pun sangat bening dan dingin, itu dikarenakan curug ini berada di pegunungan yang dekat dengan sumber air.

Kini, kondisi Curug Citambur sudah mulai terawat. Hal itu bisa terlihat dari akses menuju lokasi curug. Tiga tahun terakhir, jalan menuju curug masih berupa bebatuan bercampur tanah, dan kondisi curug pun kurang terawat. Sekarang jalan mulai dibenahi sedikit demi sedikit, dan dibuat taman di area curug.

Salah satu pengunjung, Sin-sin Kurnia mengaku senang melihat kondisi curug Citambur sekarang. DIa mengatakan, dulu jalan ke curug hanya jalan setapak. Jika musim hujan, jalan penuh lumpur dan licin. “Sekarang udah keren, udah terawat,” kata pengunjung asal Cianjur itu.

Ya, Curug Citambur bisa masuk daftar list tempat-tempat berlibur yang akan nada kunjungi. Apalagi setelah momen lebaran usai, banyak orang mencari tempat berlibur dengan suguhan panorama alam yang masih asri dan segar.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
,