Inilah Lima Maestro Penyamar dari Lautan

Di alam liar, baik di darat, udara dan laut kekuatan dan kecerdikan untuk bertahan hidup sangat diperlukan. Untuk di lautan, ada beberapa hewan yang sangat kuat, sehingga tidak memerlukan kecerdasan untuk bertahan hidup. Hanya dengan mengandalkan ukuran dan kekuatan tubuhnya, dia sudah ada di puncak rantai makanan, seperti ikan hiu dan paus pembunuh.

Tetapi ada pula yang tidak mempunyai ukuran dan kekuatan yang besar, sehingga dia memerlukan hal yang lain untuk bertahan hidup, yaitu kecerdikan. Dan kali ini ada 5 hewan yang melakukan adaptasi fisiologis, sehingga dia melakukan dapat selamat dari para predatornya karena menyamar atau tubuhnya serupa dengan lingkungan tempat dia tinggal.

Bahkan dengan kemampuannya ini, dia bisa mengelabui mangsanya. Berikut lima hewan ahli menyamar itu

  1. Ornate ghost pipefish

Bernama latin Solenostomus paradoxus, ornate ghost pipefish, adalah pipefish dari keluarga Solenostomidae. Nama spesies berasal dari paradoxos Yunani, mengacu pada corak tubuh  ikan ini tidak biasa.

Pipefish jenis ini ditemukan di Pasifik Barat dan Samudera Hindia di sepanjang tepi terumbu karang. Karena tubuhnya yang kecil dan ringan, hewan ini rentan terhadap arus yang kuat.

Mereka mempunyai panjang maksimum 12 cm. warna tubuh mereka bervariasi, dari merah, kuning, sampai hitam dan hampir transparan. Mereka sebagian besar memakan mysids dan bentik udang.

Betina membawa telur di sirip panggul mereka, yang dimodifikasi untuk membentuk kantong. Kemampuannya beradaptasi fisiologis  terhadap coral di sekitarnya, membuanya cukup sulit untuk ditemukan, apabila sedang berada di habitatnya.

  1. Anglerfish
Ikan anglerfish. Foto : Wisuda
Ikan anglerfish. Foto : Wisuda

Nama “anglerfish” berasal dari metode karakteristik yang berarti spesies ‘predasi. Anglerfish biasanya memiliki setidaknya satu filamen panjang tumbuh dari tengah kepala mereka, disebut Illicium .

Dalam spesies yang tertentu, filamen terpanjang adalah yang pertama. tulang pertama menjorok di atas mata ikan dan berakhir dalam pertumbuhan tidak teratur, serta bisa bergerak ke segala arah.

Anglerfish dapat menggoyangkan esca untuk membuatnya menyerupai hewan mangsa, sehingga memikat mangsa anglerfish ini untuk cukup dekat, sampai anglerfish bisa memakan mereka seluruhnya. Rahang akan refleks menutup setelah kontak dengan sungut.

Untuk jenis tertentu, anglerfish juga dapat beradaptasi secara fisiologis, untuk menyamarkan keberadaannya.

  1. Bargibanti Pygmi seahorse
Bergibanti di perauran di Bali. Foto : Wisuda
Bergibanti di perauran di Bali. Foto : Wisuda

hippocampus bargibanti, juga dikenal sebagai kuda laut bargibanti atau hippocampus kerdil, adalah kuda laut dari keluarga Syngnathidae yang dapat ditemukan di sebelah  barat pusat Samudera Pasifik, termasuk Indonesia.

Hewan unik  Ini berukuran kecil, biasanya kurang dari 2 cm,  dan hidup dengan cara menempel pada karang seafan. Ada dua variasi warna yang dikenal, yaitu abu-abu dengan tuberkel merah, dan kuning dengan tuberkel oranye.

Serupa dengan seafan tempat dia hidup, dan berkamuflase, dengan tujuan untuk mempertahankan diri dari para predatornya

  1. Sea cucumber crab
Kepiting teripang atau Orbicularis Lissocarcinus. Foto : Wisuda
Kepiting teripang atau Orbicularis Lissocarcinus. Foto : Wisuda

Kepiting ini menempel atau hidup menumpang pada induk semangnya, dalam hal ini adalah tripang.  Sehingga dia pun disebut sebagai kepiting tripang. Warna tubuhnya sangat menyerupai tripang tempat dia hidup. Sehingga sangat sulit ditemukan keberadaannya.

  1. Candy crab
Kepiting permen dari perairan Manado, Sulawesi Utara,, spesies laut yang paling dicari penyelam untuk diabadikan. Foto : Wisuda
Kepiting permen dari perairan Manado, Sulawesi Utara,, spesies laut yang paling dicari penyelam untuk diabadikan. Foto : Wisuda

Sesuai dengan namanya, kepiting ini mempunyai warna dan bentuk tubuh yang sangat menyerupai permen. Dan warna ini pun menyerupai coral di mana ia tinggal. Predatornya akan sangat kesulitan untuk menemukannya.

Dan itu juga merupakan pertahanan yang sempurna untuknya, sebagai hewan yang mempunyai ukuran tubuh yang mungil, yaitu hanya sekitar 1-3 cm saja.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,