Foto: Momen Spesial Burung Raja Udang

Alan McFadyen, fotografer satwa liar asal Skotlandia ini memang luar biasa. Ia menghabiskan waktu enam tahun hanya untuk mendapatkan foto sempurna burung raja udang yang hendak menyelam ke air. Bila dihitung sejak 2009, McFadyen telah membelanjakan waktu kesabaran tingkat dewanya itu, sekitar 4.200 jam dan menghasilkan 720 ribu foto. Tujuannya satu, mendapatkan gambar yang sempurna.

“Foto yang aku dapatkan sungguh spektakuler. Posisi raja udang terlihat lurus menghujam ke air, tanpa sedikit pun ada percikan air. Bukan hanya waktu yang tepat dan bidikan kamera yang jitu, tetapi juga ada keberuntungan yang menaungi. Ketika raja udang tersebut memperlihatkan posisinya yang sempurna, semua itu menjadi foto yang mengagumkan,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari Bright Side.

Inilah foto spektakuler raja udang yang butuh kerja cerdas untuk mendapatkannya. Foto: Alan McFadyen
Inilah foto spektakuler raja udang yang butuh kerja cerdas untuk mendapatkannya. Foto: Alan McFadyen

Alan McFadyen, 47 tahun, mencintai fotografi satwa liar dan peduli lingkungan karena terinspirasi kakeknya. Sekitar 40 tahun lalu, Robert Murray, sang kakek, selalu membawanya ke tempat raja udang bersarang. Lokasinya di danau indah dekat Kirkcudbright di Dumfries and Gallloway, Skotlandia.

“Saya selalu ingat akan momen menyenangkan itu. Ketika saya membidik kamera, saya kembali ke tempat yang sama, untuk mengabadikan keindahan burung penyuka ikan kecil itu,” tuturnya.

raja udang3

Butuh enam tahun untuk mendapatkan foto-foto spektakuler ini. Foto: Alan McFadyen
Butuh enam tahun untuk mendapatkan foto-foto spektakuler ini. Foto: Alan McFadyen

Menurut McFadyen, butuh waktu tidak sebentar untuk menghasilkan foto sebagaimana yang ia idamkan itu. Dalam satu sesi pemotretan misalnya, dari 600 gambar yang ia dapatkan, kadang tidak ada satu pun foto yang sesuai keinginannya.

“Saya menyadari, untuk menghasilkan karya di atas rata-rata, butuh perjuangan dan proses panjang. Tidak ada yang instan, langsung jadi,” tandasnya.

Raja udang5

Raja udang yang begitu indah dalam bidikan kamera. Foto: Alan McFadyen
Raja udang yang begitu indah dan hanya bisa dilihat di perairan yang bersih. Foto: Alan McFadyen
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,