Langka, Gempa Bumi Bawah Laut berhasil Direkam Kamera

Kita pasti sering mendengar adanya gempa bawah laut,  dengan episentrum gempa di bawah laut, merupakan fenomena yang umum terjadi. Namun, rekaman gempa langsung dari dasar laut merupakan sesuatu hal yang langka.

Sekelompok penyelam di Filipina berhasil mengabadikan saat gempa bumi 5,6 Skala Richter mengguncang bawah laut, hanya beberapa meter di bawah mereka.

Video ini diambil oleh Jan Paul Rodriguez di laut Nabini, Batangas. Filipina, beberapa minggu lalu saat tiba-tiba bumi di sekeliling mereka berguncang hebat.  Inilah yang menyebabkan Jan Paul dan rekan-rekannya bergegas ke permukaan , beruntung mereka sempat mengambil video detik-detik goncangan bawah laut tersebut tanpa terluka.

 

Screenshoot video rekaman gempa bumi bawah laut yang direkam oleh Jan Paul Rodriguez di laut Nabini, Batangas. Filipina. Foto : youtube

 

Dalam video tersebut, dasar laut dapat dilihat bergetar, dengan pasir dari bawah yang perlahan-lahan naik dan bercampur dengan air biru dan hijau. Video tersebut memperlihatkan pasir yang mengendap di dasar laut terlempar ke permukaan karena getaran, serta diikuti dengan suara-suara menakutkan.

Tumbuhan-tumbuhan laut juga terlihat bergetar akibat pergeseran lempeng bumi di bawahnya. “Rasanya seperti ada baling-baling besar yang berputar di atas kami. Ada batu-batu kecil yang berjatuhan juga. Kami mendengar suara pergeseran lempeng bumi di bawah dasar laut. Hal itu menghasilkan efek kejut yang telinga kami,” kata Rodriguez kepada Newsflare, dilansir dari IFL Science.

Serangkaian gempa mengguncang Filipina dalam beberapa bulan terakhir. Filipina seperti juga Indonesia terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, yang menyebabkan negara ini memiliki aktivitas seismik dan aktivitas gunung berapi yang cukup sering.