Snailfish, “Hantu” yang Terekam Kamera di Palung Mariana

Para peneliti Jepang telah merilis foto dan video mengenai ikan terdalam yang pernah tertangkap langsung di depan kamera. Ikan jenis snailfish ini ditemukan di Palung Mariana pada kedalaman 8.178 meter dan difilmkan dengan kamera 4K.

The Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology (JAMSTEC) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa penemuan snailfish ini merupakan rekor baru. Ini dikarenakan, video yang diambil sebelumnya, diambil di kedalaman 8.152 meter.

Inilah video yang berhasil direkam oleh para peneliti tersebut dengan resolusi 1080p:

 


Kamera video 4K dipasang pada sebuah alat tak berawak yang dikirim ke kedalaman laut. Makarel ditempatkan di dekatnya untuk menarik organisme laut dalam mendekat.

Dibutuhkan waktu sekitar 17 jam dan 37 menit hingga akhirnya snailfish muncul di kedalaman 8.178 meter ini.

 

Snailfish yang terekam di kedalamam 8.178 meter. Gambar A menunjukkan snailfish tengah berenang mendekati objek penelitian/makarel. Gambar B tampak snailfish beristirahat di dasar laut. Sumber: JAMSTEC

 

Snailfish adalah jenis ikan laut dalam yang bergerak lambat seperti siput, yang berasal dari keluarga Liparidae. Meskipun hidup di kegelapan dan kedalaman, ikan ini lebih terlihat lucu ketimbang menyeramkan.

Tubuhnya yang berwarna putih menyeluruh, membuatnya bak “hantu” saat ditemukan berenang di kegelapan Palung Mariana.

Ikan ini merupakan jenis vertebrata atau hewan bertulang belakang yang hidup di perairan paling dalam. Spesies yang berukuran panjang 15 cm itu mampu menahan tingginya tekanan air, setara dengan 1.600 gajah yang berdiri di atas mobil kecil.

“Organisme laut dalam dan ekosistemnya ini telah menarik minat ilmiah yang besar. Namun, tekanan yang sangat tinggi di palung dalam sangat menyulitkan pengambilan sampel serta rekaman video,” tulis JAMSTEC.

 

Peta Batimetri Palung Mariana. Sumber: JAMSTEC

 

Tim peneliti selanjutnya akan melanjutkan riset terhadap organisme zona hadal. Tujuannya, mengumpulkan sampel untuk analisis kepadatan populasi organisme dan rantai makanan yang berada di kedalaman air di bawah 8.000 meter.

Sebelumnya, di 2014, dua spesies snailfish yaitu Mariana snailfish (6.198 – 8.076 meter) dan Ethereal snailfish (7.939 – 8.145 meter) telah ditemukan di Palung Mariana oleh kelompok peneliti Inggris dan Amerika.