Fotografer Memfoto Kondisi Satwa Laut Ini Dan Kemudian Viral di Internet

Seekor sea horse yang memegang cotton bud yang terfoto di perairan Sumbawa, NTB. Foto : Justin Hofman via natural history

 

Fotografer alam yang berbasis di California (AS), dinominasikan menjadi Wildlife Photographer of the Year 2017, karena fotonya mampu menangkap masalah besar yang terjadi di lautan kita.

Justin Hoffman, sang fotografer tersebut,  tak menyangka foto yang diambilnya masuk nominasi, dan bahkan  menjadi viral di dunia maya.  Secara kebetulan, Hoffman memfoto kuda laut yang ‘membawa’ sampah cotton bud di ekornya.

Pada dasarnya, secara alamiah hewan mini seperti kuda laut hidup di kawasan terumbu karang, dimana ekornya biasanya dililitkan di karang atau rumput laut. Ini dilakukan agar kuda laut tetap stabil berada di posisinya dan tidak terombang ambing karena terbawa arus laut.

Foto tersebut mengejutkan banyak orang, dan hampir semua komentar menyatakan kesedihan dan kekagetannya akan betapa sudah begitu parahnya polusi sampah di lautan Indonesia.

 

It’s a photo that I wish didn’t exist but now that it does I want everyone to see it. What started as an opportunity to photograph a cute little sea horse turned into one of frustration and sadness as the incoming tide brought with it countless pieces of trash and sewage. This sea horse drifts long with the trash day in and day out as it rides the currents that flow along the Indonesian archipelago. This photo serves as an allegory for the current and future state of our oceans. What sort of future are we creating? How can your actions shape our planet?
.
thanks to @eyosexpeditions for getting me there and to @nhm_wpy and @sea_legacy for getting this photo in front of as many eyes as possible. Go to @sea_legacy to see how you can make a difference. . #plastic #seahorse #wpy53 #wildlifephotography #conservation @nhm_wpy @noaadebris

A post shared by Justin Hofman (@justinhofman) on

 

Di akun instagram Hoffman yang memuat foto tersebut, ada ratusan komentar. Di satu sisi mereka memuji karya foto dari Justin. Di sisi lainnya, para netizen mengungkapkan kemarahan dan kesedihan mereka karena foto ini benar-benar membuka mata akan bahaya sampah yang dibuang di lautan.

Justin Hoffman yang juga aktivis dari Sea Legacy, sebuah organisasi nirlaba di bidang konservasi laut, mengatakan bahwa  foto tersebut diambilnya di lautan Sumbawa Besar dekat Pantai Kencana dan Gemba.

Hoffman mengatakan bahwa dia tak menyangka akan menemui hewan tersebut, dan mengatakan foto tersebut ‘tidak pernah ada’, karena hal ini membuktikan bahwa tak ada sudut lautan manapun di dunia yang terbebas dari polusi sampah.

“Tentu saya berharap tak pernah ada momen tersebut, di mana satwa laut yang indah ini harus berbaur dengan sampah-sampah manusia” katanya seperti dilansir USA Today.

“Saya sudah menjelajahi berbagai tempat di dunia, dan saya belum pernah menemukan tempat di mana manusia tidak menghancurkan alam sekitarnya” tambahnya.

 

 

Hoffman menambahkan bahwa banyak orang di Indonesia yang ngeri dengan polusi di lautnya, tapi tak mampu berbuat banyak.  Hoffman berharap foto yang diambilnya tersbeut akan menggerakan banyak orang untuk selalu ramah lingkungan.

“Di malam hari, saat akan tidur, saya tak begitu optimis akan hal tersebut, tapi bagaimanapun, saya harus tetap optimis, Jika tidak, saya tak punya alasan lagi untuk melakukan apa yang sudah saya lakukan bertahun tahun ini” pungkasnya seperti dikutip MSN.com