FAQ

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan kepada Mongabay.co.id

Apakah arti nama Mongabay?

Mongabay merupakan ejaan inggris dan pengucapan dari sebuah pulau di Madagaskar, Nosy Mangabe. Nosy Mangabe dikenal sebagai cagar alam untuk Aye-aye, spesies lemur langka dan terkenal dengan penampilannya yang aneh.

Mengacu kepada penjelasan Rhett Butler, pendiri Mongabay.com, nama Mongabay, diberikan agar nama situs ini terdengar benar-benar unik.

Mengapa simbol dari Mongabay digambarkan sebagai seekor cicak?

Tidak ada yang istimewa dari pemilihan simbol atau logo ini, Mongabay ingin mengasosiakan simbol ini dengan berbagai keragaman spesies yang hidup di bumi.  Meskipun, beberapa orang mengaitkan cicak dengan daya kemampuan adaptasi yang luar biasa dan sering digunakan sebagai ornamen dari berbagai suku bangsa yang ada di dunia.

Bolehkah saya menggunakan gambar/foto yang ada di Mongabay.co.id untuk presentasi saya?

Seluruh gambar/foto maupun artikel yang terdapat di Mongabay.co.id dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan, termasuk untuk penggunaan presentasi power point

Bolehkah saya menggunakan gambar/foto berlogo Mongabay.com dan Mongabay.co.id untuk penggunaan pribadi?

Penggunaan gambar/foto diperbolehkan selama bukan bertujuan untuk kepentingan komersial.  Untuk seluruh penggunaan untuk kepentingan pribadi, anda diminta untuk tetap mencantumkan logo dan nama Mongabay.com maupun Mongabay.co.id.

Bolehkah saya meneruskan, menyebarluaskan maupun menggunakan artikel yang ada Mongabay.co.id?

Anda dipersilakan untuk meneruskan, menyebarluaskan maupun menggunakan artikel yang ada di Mongabay.co.id sebagai bagian dari pendistribusian informasi lingkungan.  Anda diminta untuk menyebutkan referensi sumber informasi di setiap posting artikel, yaitu dengan mencantumkan sumber: Mongabay.co.id

Dapatkah saya menggunakan gambar/foto yang ada di Mongabay.com dan Mongabay.co.id di website saya?

Anda dipersilakan untuk menggunakan gambar/foto yang ada di Mongabay.com maupun Mongabay.co.id selama dipergunakan untuk kepentingan kampanye penyadartahuan lingkungan, pendidikan maupun tujuan-tujuan non komersial lainnya.

Bagaimana jika saya menginginkan gambar/foto beresolusi tinggi untuk kepentingan komersial?

Untuk kepentingan ini, anda dapat menghubungi redaksi Mongabay.co.id.  Untuk gambar/foto yang ada di Mongabay.com anda dapat langsung menghubungi Rhett A. Butler sebagai pendiri dan pemilik situs ini.

Setiap permintaan akan dilayani dengan melihat kasus per kasus.

Apakah organisasi saya dapat bekerjasama dengan Mongabay.co.id?

Pada prinsipnya kami ingin bekerjasama seluas-luasnya dengan berbagai kelompok maupun organisasi yang memiliki misi yang sepaham dengan kami. Kami pernah diundang sebagai pembicara seminar, joint-workshop, wawancara, maupun talkshow.  Untuk kepentingan ini, silakan menghubungi kami di alamat kontak yang tersedia.  Demikian pula anda menghubungi kami di media sosial kami yaitu FB: Mongabay-Indonesia maupun Twitter: @mongabayID

Apakah saya dapat mengirimkan gambar/foto atau artikel saya untuk Mongabay.co.id?

Anda dapat mengirimkan foto anda secara langsung ke media sosial kami, FB: Mongabay-Indonesia.  Jika anda memiliki artikel maupun gambar/foto untuk ditampilkan di website Mongabay.co.id maka anda dapat menghubungi kami di alamat kontak yang tersedia.  Untuk artikel, sesuai dengan kebijakan redaksi, maka tim editor kami akan melihat artikel dan jika diperlukan akan melakukan editing.

Apakah saya dapat menjadi voluntir untuk Mongabay.co.id?

Jika diperlukan suatu ketika, kami akan menginformasikan kebutuhan voluntir di website kami maupun di media sosial kami.  Sebaliknya, jika anda tertarik menjadi voluntir Mongabay.co.id silakan menghubungi kami di alamat kontak yang tersedia.  Kami akan menghubungi anda kemudian.

Dari mana sumber berita Mongabay.co.id?

Sumber berita Mongabay berasal dari berbagai ragam sumber data dan informasi.  Sumber data primer kami termasuk informasi terpercaya dari kaum saintis, pejabat pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat maupun masyarakat yang tersampaikan sebagai sumber tangan pertama (primer).  Selain itu kami melakukan riset, kajian dan kompilasi sumber data sekunder yang terambil dari media lokal, nasional maupun internasional.  Kami juga mendapatkan sumber sekunder dari institusi/ lembaga penelitian, universitas dan lembaga-lembaga internasional terpercaya lainnya.

Bagaimana caranya menjadi kontributor di Mongabay.co.id?

Anda dapat menjadi kontributor Mongabay.co.id dengan cara mengikuti tatacara yang ada pada bagian Halaman Kontribusi.