,

Orca Putih Dewasa Terlihat di Kamchatka, Rusia Barat

Paus pembunuh atau Orca dewasa yang berwarna putih terlihat untuk pertama kalinya di lautan lepas. Orca Putih yang diberi nama Iceberg oleh para peneliti itu terlihat di lepas pantai Kamchatka, Barat Rusia. Beberapa jenis paus yang berwarna putih memang kadang-kadang dapat ditemukan, akan tetapi untuk Orca dewasa ini adalah kali pertama. Adapun satu-satunya Orca muda berwarna putih yang pernah ditemukan telah mati di Kanada pada tahun 1972.

Penemuan ini terjadi saat tim peneliti dari Russian Scientists and Students tengah melakukan penelitian di Kamchatka. “Kami telah melihat dua Orca Putih di Rusia, akan tetapi mereka masih muda. Sedangkan ini adalah pertama kalinya kami melihat yang dewasa,” jelas Wakil Ketua Penelitian, Eric Hoyt, kepada BBC. “Iceberg punya sirip setinggi dua meter yang berarti umurnya lebih dari 16 tahun,” tambahnya.

Kondisi genetik yang unik pada Iceberg dikarenakan pigmentasi yang tidak biasa. Kawanan Orca Putih, menderita Chediak-Higashi sindrom, yaitu suatu kondisi genetik yang menyebabkan albinisme parsial, serta beberapa komplokasi medis.

“Sepertinya Iceberg cukup bersosialisasi. Kita tahu bahwa Orca tetap bersama induknya seumur hidupnya. Hingga kini yang kami lihat, dia tepat berada di sisi ibunya, mungkin saudaranya pun ada di sampingnya,” kata Hoyt.

Pertemuan para peneliti dengan Orca Putih dewasa diperkirakan dapat menjadi awal perkembangan dari pengetahuan tentang struktur sosial hewan.

Sumber: BBC News

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,