,

Si Cantik Julang Sulawesi, Cuma di Indonesia

Indonesia memang memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Jutaan hektar hutan Indonesia, ternyata masih menyimpan berjuta pesona yang hanya bisa kita nikmati di tanah ar tercinta. Ingat, kita memiliki Proboscis Monkey atau Bekantan yang hanya bisa ditemui di pulau Kalimantan. Kita juga punya orangutan yang cuma bisa dijumpai di pulau Sumatera dan Kalimantan. Selain itu, kita juga maish dikaruniai burung-burung indah yang menghiasi kanopi hutan hujan hujan tropis Indonesia. Salah satunya adalah Julang Sulawesi atau sering disebut Rangkong Sulawesi. Burung ini di dunia internasional disebut dengan nama Knobbed Hornbill atau Sulawesi Wrinkled Hornbill (Aceros cassidix)

Burung ini memiliki warna mencolok mata, dengan warna tubuh hitam, paruh kuning emas, dan warna merah mencolok di atas paruhnya, ekor berwarna putih, warna biru di sekitar mata, kaki kehitaman dan warna leher biru.

Burung ini hanya bisa ditemui di Indonesia. Tersebar di berbagai wilayah Sulawesi, yaitu di Pulau Buton, Lembeh, Togian dan Pulau Muna. Sama seperti burung jenis rangkong lain, burung ini juga hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Mereka memakan buah buahan.

Burung ini adalah simbol dari propinsi Sulawesi Selatan. Burung ini masih termasuk dalam spesies yang dinilai masih aman dari kepunahan, seidaknya itu yang dinyatakan oleh IUCN. Semoga terus demikian, dan bahkan bisa terus bertambah jumlahnya. Sehingga kita dan anak cucu bisa terus menikmatinya….

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,