Foto: Shaquille Berpose Dengan Lemur!

Shaq dan lemur tikus yang amat kecil dibanding dirinya. Foto diberikan oleh Mireya Mayor

Salah satu pemain bola basket paling terkenal di dunia menggunakan kepopulerannya untuk memperkenalkan kepada dunia, salah satu hewan terkecil di dunia: lemur tikus dari Madagaskar.

Shaquille O’Neal, salah satu legenda NBA yang pensiun tahun lalu dan meraih gelar doktor  dalam pendidikan dari Universitas Barry tahun 2012 ini, berpose bersama lemur tikus di Kebun Binatang Miami di bulan Maret silam. Lemur ini dipinjam dari Duke Primate Center di Carolina Utara.

Hewan ini sungguh amat kontras dibanding Shaq, yang menjulang bak raksasa. Ukuran si lemur tikus ini cuma 12.5 centimeter dengan berat sekitar 60 gram. Bandingkan dengan Shaq yang setinggi 2.1 meter dengan berat 145 kilogram!

Shaq bergabung dengan Mireya Mayor, seorang penulis dan peneliti dari National Geographic yang fokus pada primata. Mayor terlibat dalam konservasi lemur lewat pekerjaannya dengan Centre Valbio, yang berpusat di hutan hujan tropis Madagaskar dan bertujuan untuk menyebarkan pemahaman yang lebih baik dan melindungi spesies-spesies langka serta terancam di pulau tersebut.

Shaq dan lemur tikus. Sangat kontras ukuran mereka berdua. Foto diberikan oleh Mireya Mayor

“Memiliki duta seperti Shaq yang berbicara soal lemur, adalah sebuah cara yang menyenangkan untuk menyebarkan pemahaman tentang pentingnya mereka,” Kata Mayor kepada Mongabay.com. “Centre ValBio sangat-sangat berterimakasih kepada Shaq, yang meminjamkan kebintangannya untuk meraih perhatian terhadap hewan-hewan yang terancam dan habitat hutan di Madagaskar”.

Hutan Madagaskar dan sepesies di dalamnya hingga kini masih terancam akibat deforestasi yang berkelanjutan untuk pertambangan dan pertanian subsisten, sama hanya dengan penebangan liar. Saat ini, kurang dari 10% wilayah Madagaskar yang masih memiliki tutupan hutan.

Ada beberapa jenis lemur tikus di Madagaskar. Hewan ini sangat menarik bagi ara peneliti kesehatan karena kemampuan mereka untuk melawan pelemahan kemampuan otak seperti yang ditemukan pada penderita Alzheimer. Para peeliti kini mempelajari pola makan dan makanan lemur tiks liar ini untuk melihat apakah elemen makanan mereka juga membantu melawan penyakit tersebut.

Lemur tikus adalah lemur terkecil diantara berbagai primata lain di dunia. Mereka hidup di Madagaskar dan mengonsumsi serangga, buah dan getah tanaman. Hewan kecil ini adalah nokturnal dan menyembunyikan kehadiran mereka dengan kicauan bernada tinggi.

Dalam sepuluh tahun terakhir lebih dari 40 spesies lemur ditemukan, termasuk beberapa jenis lemur tikus. Kini ada lebih dari 110 spesies lemur di Madagaskar, satu-satunya tempat alamiah bagi lemur liar di dunia.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,