Spesies Kadal Baru Ditemukan di Ladang Ranjau

Sebuah spesies kadal baru  di daerah sisa peperangan di Republik Demokratik Kongo (RDK). Menurut African Journal of Herpetology, spesies baru ini ditemukan sedang bersembunyi di bawah batu di rerumputan yang tinggi di dataran tinggi Marungu, daerah yang dikenal sebagai ladang ranjau.

Spesies ini dinamai Cordylus marunguensi, mengikuti tempatnya ditemukan, para peneliti mencatat bahwa kadal ini muncul di tempat-tempat umum di sekitar wilayah ini kendati terkena dampak keberadaan manusia seperti pertanian, peternakan, dan peperangan.

“Dataran tinggi Marungu adalah tempat perang besar berkecamuk saat konflik di wilayah timur RDK di awal abad duapuluh satu, dan akibatnya sebagian besar area habitat Cordylus marunguensis diselimuti oleh ranjau dan tidak sempat meledak,” tulis peneliti tersebut.

Mereka merekomendasikan penelitian lebih lanjut tentang spesies ini sebelum menentukan apakah mereka terancam atau tidak.

Para peneliti juga mencatat bahwa dataran tinggi Marungu “mungkin adalah situs konservasi yang tidak disadari’ mengingat banyak peneliti di masa silam telah mendeskripsikan banyak jenis burung yang mungkin burung endemis di dataran tinggi itu.

“Kendati dataran tinggi Marungu sudah rusak berat akibat peperangan dan perusakan habitat, penemuan spesies kadal baru ini membuktikan bahwa masih belum terlambat untuk melakukan upaya konservasi,” ungkap penulis utama Eli Greenbaum dalam pers rilisnya.

Dataran tinggi, dengan ketinggian sekitar 2000 meter dari permukaan laut ini, dulunya juga adalah habitat simpanse, namun para peneliti yakin bahwa deforestasi menyebabkan simpanse musnah dari wilayah ini.

CITATIOn: Eli Greenbaum, Edward L. Stanley, Chifundera Kusamba, Wandege M. Moninga, Stephen R. Goldberg, Charles R. Bursey. A new species of Cordylus (Squamata: Cordylidae) from the Marungu Plateau of south-eastern Democratic Republic of the Congo. African Journal of Herpetology. 2012. DOI: 10.1080/21564574.2012.666505

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,