Seafood Ramah Lingkungan di Coral Triangle Day

KOKI terkenal, Bobby Chinn, akan meramaikan perayaan Coral Triangle Day, 9 Juni 2012 di Bali. Dia akan memasak sajian mewah berbahan seafood yang ditangkap dengan cara ramah lingkungan di beberapa restoran pilihan.

Chinn mengatakan, Coral Triangle Day merupakan penghargaan terhadap keajaiban laut. “Saya membantu meningkatkan kesadartahuan mengenai pentingnya konsumsi seafood berkelanjutan dengan penyajian lezat dan kreatif,” katanya dalam pernyataan pers.

Aktivitas tangkapan berlebih dan merusak di dunia perikanan memberikan acaman luar biasa kepada pusat keanekaragaman hayati laut, Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle –red).

Bobby Chinn akan hadir di Coral Triangle Day, Bali. Foto: WWF

Area Coral Triangle meliputi enam negara di Asia-Pacific termasuk Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Kawasan ini memiliki kekayaan ikan karang lebih dari 3.000 jenis.

Kawasan ini dikenal juga sebagai pemijahan dan jalur perlintasan migrasi berbagai macam jenis tuna yang memiliki nilai jual tinggi. Seperti tuna sirip kuning, tuna mata besar, dan Cakalang, dengan total produksi sebesar seperlima dari produksi dunia.

Kerusakan mengancam kelestarian area Coral Triangle. Tak hanya itu. Sekitar 120 juta jiwa manusia yang bergantung pada sumber daya juga terancam.

Permintaan seafood yang besar dari Asia, Amerika Utara, dan Eropa mengancam ekosistem yang rapuh ini. Sebab, aktivitas perikanan tidak sesuai koridor lingkungan.

Menurut Chinn, ikan-ikan dipanen jauh melebihi kemampuan beregenerasi. Penangkapan berlebihan dengan cara sangat merusak. “Sekarang saatnya konsumen mulai bertanya darimana asal dan cara penangkapan seafood yang dihadirkan di meja makan mereka.”

Untuk itu, Chinn merasa bangga bisa membawa pesan ini dalam perayaan Coral Triangle Day. Hingga permasalahan ini dapat dipahami semua orang. “Dan mereka dapat menjadi bagian dari solusi,” ucap Chinn.

Ikan tuna banyak di kawasan Coral Triangle. Foto: Greenpeace

Chinn akan demonstrasi memasak di beberapa restoran seperti Restoran Gado Gado dan Métis di Seminyak, Semara Luxury Villa Resort di Uluwatu. Juga beberapa restoran yang dikelola masyarakat di Desa Kedonganan, Teluk Jimbaran.

Koki yang juga pembawa acara TV dan pengelola restoran ini akan menyiapkan menu-menu menggiurkan. Dia akan menggunakan bahan-bahan seafood yang ditangkap secara ramah lingkungan seperti udang, kerapu, dan tuna, serta beberapa bahan lokal lain.

Coral Triangle Day akan mempertemukan individu-individu, organisasi-organisasi, serta semua pihak yang terkait dalam menjaga ekosistem yang sangat kaya ini. Beberapa kegiatan akan digelar seperti bersih-bersih pantai, makan malam dengan seafood ramah lingkungan, pameran pendidikan, bazar dengan tema kelautan, serta perayaan seni di pantai.

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,