Akhirnya, Bayi Badak Sumatra Pertama Lahir Setelah 124 Tahun Upaya Penangkaran

Akhirnya kabar yang dinanti-nanti tiba. Ratu badak Sumatra betina yang telah hamil selama belasan bulan melahirkan anaknya hari Sabtu, 23 Juni 2012 dinihari pukul 00.45 di penangkaran badak Sumatra Way Kambas, Lampung. Bayi jantan ini lahir dalam keadaan sehat, Ratu sendiri berada dalam kondisi stabil setelah melahirkan. Menurut informasi dari pihak Yayasan Badak Indonesia (YABI), kini keduanya tengah dalam perawatan serius.

Bayi jantan ini sendiri dikabarkan oleh YABI sudah menyusu pada induknya. Ratu adalah badak Sumatra pertama yang melahirkan setelah melalui proses penangkaran selama bertahun tahun. Ayah si anak badak ini adalah Andalas, badak jantan yang dilahirkan di kebun binatang Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat. Bayi badak ini adalah bayi badak pertama Indonesia yang lahir dalam 124 tahun penangkaran.

Kelahiran anak Ratu ini diharapkan bisa menjadi penyambung garis keturunan badak Sumatera yang populasinya semakin berkurang sekaligus menjadi perayaan pencanangan Tahun Badak tanggal 5 Juni 2012. Populasi badak Sumatra kini diperkirakan kurang dari 200 ekor saja.

Andalas, ayah badak yang baru lahir Sabtu 23 Juni 2012. Foto: International Rhino Foundation
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,