Spesies Katak Baru Bernama Pangeran Charles

Para peneliti telah menemukan sebuah spesies katak baru dan memberi nama untuk menghormati Pangeran Charles di Inggris, seperti dilaporkan dalam sebuah tulisan di jurnal Zootaxa.

Spesies ini diberi nama Hyloscirtus princecharlesi, merupakan salah satu dari dua spesies yang baru ditemukan di hutan hujan tropis Ekuador yang kini terancam. Spesies kedua diberi nama Hyloscirtus cryptico.

Kedua spesies ini hidup di hutan pegunungan yang telah terkontaminasi penyakit epidemik yang disebabkan jamur yang telah membunuh berbagai jenis amfibi secara global dan membuat beberapa spesies punah di awal 1980-an.

Hyloscirtus princecharlesi pertamakali diidentifikasi oleh Luis A. Coloma, seorang peneliti Ekuador, dari spesimen museum yang sudah diawetkan. Tahun 2009, ia telah mengoleksi berbagai spesimen dari pusat reservasi alam Reserva Las Gralarias.

Hyloscirtus princecharlesi adalah nama yang diberikan untuk menghormati Pangeran Charles karena sumbangsihnya dalam melindungi hutan tropis, termasuk upayanya menggalang dukungan dana dan politis bagi berbagai jenis program perlindungan hutan hujan tropis. Pangeran Charles bertemu Coloma dalam sebuah lokakarya di Inggris.

Hyloscirtus cryptico Foto: Luis A. Coloma

Keputusan untuk memberi nama spesies yang penuh warna ini dibuat oleh Amphibian Ark, sebuah program yang bertujuan untuk menyelamatkan katak-katak, kodok, salamander, serta kadal air yang paling terancam di dunia. Tahun 2011, Mongabay.com memberi Amphibian Ark sebuah penghargaan atas kerja keras mereka.

Amfibi memiliki risiko yang besar secara global akibat kehilangan habitat, penyakit jamur chytrid, panen berlebihan, efek dari perubahan iklim, polusi, dan spesies invasif. Setiap dua ekor dari lima jenis amfibi masuk ke dalam daftar terancamoleh IUCN.

Hyloscirtus princecharlesi, Foto: Luis A. Coloma
Peta diperoleh dari Google Map
Hyloscirtus princecharlesi Foto: Luis A. Coloma

CITATION: LUIS A. COLOMA at al. Molecular phylogenetics of stream treefrogs of the Hyloscirtus larinopygion group (Anura: Hylidae), and description of two new species from Ecuador. Zootaxa 3364: 1–78 (2012) www.mapress.com/zootaxa/

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,