Foto: Indahnya Hutan Mangrove Di Halaman Belakang Sekolah

Tidak banyak sekolah yang memiliki hutan sendiri di Indonesia. Apalagi yang terletak di tengah padatnya sebuah kota besar. SMA 8 Balikpapan, mungkin hanya satu-satunya sekolah setingkat SMA di Indonesia yang memiliki hutan mangrove sendiri di balik halaman belakang mereka. Selain sebagai pilot project sekolah berwawasan mangrove, sekolah ini memang terletak berbatasan langsung dengan lokasi hutan mangrove di kota Balikpapan, di kawasan Kelurahan Margomulyo, Gunung Empat.

Hutan mangrove seluas 23.8 hektar ini memang unik. Kendati terletak di antara habitat manusia, kondisi lahan mangrove yang relatif sehat ini membuat berbagai jenis satwa masih tinggal di tempat ini. Mulai dari primata khas Kalimantan, yaitu bekantan, hingga berbagai jenis burung masih menghuni tempat ini. Di dalamnya juga ada 8 jenis Mangrove yang juga berfungsi sebagai penahan abrasi.

Menilik sejarahnya, sejak 2008 –  melalui SK kementrian Lingkungan Hidup 2008 no 21/PRTH/BPDL/VIII,  kawasan SMA 8 memang telah ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Mangrove di Balikpapan. Maka itu, saat masuk ke dalam, sudah ada kumpulan pohon Mangrove yang menjulang tinggi di sebelah luar lapangan basket.

Blue-collared Kingfisher di hutan mangrove SMA 8 Balikpapan. Foto: Aji Wihardandi
Proboscis monkey, atau bekantan dalam bahasa Indonesia, adalah primata endemik Kalimantan. Foto: Aji Wihardandi

Dengan mengandalkan sisi alamiah, hutan konservasi dan kelestariannya itu, SMAN 8 bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan serta warga sekitar  mengelola tempat ini sebagai tempat wisata alternatif bagi masyarakat Balikpapan.

Mengelilingi hutan mangrove ini, menjadi sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Jalan kayu yang melingkari kawasan hutan ini, membuat para pengunjung mudah untuk menikmati keindahan dan keteduhan tempat ini. Kicau burung berbagai jenis masih bersahutan. Jika anda datang di pagi hari, maka kemungkinan untuk bertemu dengan para bekantan jauh lebih besar.

Common Iora, adalah burung yang sangat banyak ditemui di kawasan mangrove SMA 8 Balikpapan. Foto: Aji Wihardandi

Masuk tempat ini gratis, anda cuma punya dua kewajiban utama saat di tempat ini: Jangan buang sampah sembarangan dan jangan ambil apapun, kecuali gambar.

Little Heron di kawasan mangrove Balikpapan. Foto: Aji Wihardandi
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,