Foto: Biduk-Biduk, Pesona Ujung Timur Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Kecamatan Biduk-Biduk di Kalimantan Timur adalah sebuah kecamatan di ujung timur Kabupaten Berau dan terdiri dari 6 kampung. Penduduk Biduk-Biduk mayoritas terdiri dari Sulawesi da sudah sejak lama tinggal di kawasan ini.

Wilayah ini memiliki kekayaan hayati cukup baik. Biduk-Biduk masih memiliki 22 jenis mamalia yang terdiri dari 4 ordo dan 11 famili. Dari 22 jenis yang berhasil diamati, 10 jenis diantaranya merupakan jenis yang dilindungi oleh Peraturan Pemerintah RI No.7 tahun 1999, yaitu Landak Raya, Owa Kalawat, Beruang Madu, Linsang insang, Binturong, Kucing Kuwuk, Pelanduk Napu, Pelanduk Kancil, Kujang Muntjak, Kijang Kuning dan Rusa Sambar.

Sementara 104 jenis burung teridentifikasi dari 38 famili di lokasi ini, dengan jenis endemik sebanyak 6 jenis, yaitu Takur Topi-Hitam (Megalaima henricii), Takur Tutut (Megalaima raflesii), Takur Leher-Hitam (Megalaima eximia), Pijantung Kalimantan (Arachntera everetti), Bondol Kalimantan (Lonchura fuscans) Pacat Kepala-Batu (Pitta baudii), Sempidan Kalimantan (Lophora bulweri).

Ular Phyton di Biduk-Biduk. Foto: [email protected]

Kekayaan hayati lainnya adalah 164 jenis tumbuhan daro 50 famili yang ada di tempat ini, termasuk beberapa endemik Kalimantan seperti Monocarpia marginalis, Durio culcis, Monocarpia kalimantanensis, Shorea mojongensis, Monocarpia euneura.

Biduk-Biduk juga memiliki sebuah danau dua rasa, bernama Labuan Cermin. Air yang berada di bagian bawah danau ini terasa asin sementara di atasnya adalah air tawar. Danau seuas 51 hektar ini memiliki 9 pulau kecil di dalamnya, dan permukaan airnya bisa menembus higga ke dasar.

Labuan Cermin, Biduk-Biduk Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Foto: Edy [email protected]
Salah satu sudut Labuan Cermin di Biduk-Biduk. Foto: Edy [email protected]
Mentari tenggelam di Biduk-Biduk. Foto: Edy [email protected]
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,