,

Foto: Surga Burung di Arboretum Fakultas Kehutanan UGM

Hutan mini atau arboretum di kawasan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, membentang di areal seluas 0,9 hektar atau kurang lebih 9000 meter persegi. Hutan ini terletak di sudut perempatan antara Universitas Gajah Mada dengan wilayah Jalan Kaliurang Yogyakarta, tepat di depan Selokan Mataram.

Hutan yang terletak di jalan Agro ini, adalah fasilitas bagi para mahasiswa kehutanan Universitas Gajah Mada untuk melakukan penelitian. Kendati berada di bawah kendali Universitas Gajah Mada, terutama Fakultas Kehutanan, hutan mini ini masih berada di bawah naungan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hutan seluas kurang dari satu hektar ini, kini menjadi salah satu surga bagi burung-burung besar yang ada di Yogyakarta. Spesies yang banyak menghuni hutan ini adalah cangak abu (Ardea purpurea), cangak laut (Ardea sumatrana), dan kowak malam abu (Nycticorax nycticorax).

Ratusan burung di puncak pohon di dalam arboretum Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta. Foto: Aji Wihardandi

Cangak Abu sebenarnya adalah spesies burung perairan, tapi sejak bertahun-tahun yang lalu telah menempati kawasan Fakultas Kehutanan. Burung Cangak ini dulunya berasal dari Kebun Binatang Gembiraloka dan Fakultas Biologi UGM. Karena daya dukung terbatas, burung-burung itu akhirnya pindah ke tempat ini.

Namun, sesekali pengendara motor mengeluhkan kotoran burung yang jatuh menimpa kepala atau kerudung mereka jika melintas di bawah pohon di seputar arboretum ini. Beberapa sarang utama burung-burung ini, memang tepat berada di tepi jalan raya yang padat lalu lintas.

Kerimbunan pepohonan di arboretum Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta. Foto: Aji Wihardandi
Melintas di atas kerindangan hutan mini Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta. Foto: Aji Wihardandi
Oasis di tengah keramaian kota Yogyakarta. Foto: Aji Wihardandi
Salah satu sarang burung di puncak pohon di hutan mini Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta. Foto: Aji Wihardandi
Foto: Aji Wihardandi
(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,