,

Tur Kepak Sayap Enggang-Mata Harimau Kalimantan Dimulai

TUR Kepak Sayap Enggang-Mata Harimau Seri Kalimantan yang akan menjelajah alam Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Barat (Kalbar) resmi dimulai, Jumat(14/9/12) di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Gawe yang digagas tim Kepak Sayap Enggang Tur Mata Harimau terdiri dari Greenpeace, Walhi Kalsel, Pena Hijau, SOB, Foker SHK, dan AMAN Kalteng ini dihadiri ribuan orang juga Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, jajaran Polda Kalsel, dan pejabat Dinas Kehutanan.

Zulfahmi, Jurukampanye Hutan Greenpeace Indonesia mengatakan, tur akan memulai perjalanan di tiga provinsi, bermula dari Kalsel, Kalteng dan berakhir di Kalbar. “Sambutan Wagub Kalsel kebanggaan tersendiri bagi kami. Ini suatu dukungan besar dari jajaran pemerintah terhadap kampanye pelestarian hutan,” katanya dalam rilis kepada media.

Tur ini lanjutan dari Tur Mata Harimau yang berlangsung di Sumatera tahun lalu. “Ini untuk melihat langsung kondisi terkini hutan alam Indonesia. Juga mengajak seluruh masyarakat ikut menjaga dan mengawasi hutan alam agar terhindar dari kerusakan yang lebih mengenaskan.”

Tahun lalu, Greenpeace bersama Walhi, WBH, dan Warsi melakukan perjalanan sepanjang Sumatera mulai dari Riau hingga Sumatera Selatan menggunakan motor trail dan kostum bercorak harimau.

Tarian Sinoman Handra, khas Banjar turut mewarnai acara pelepasan tim Kepak Sayap Enggang-Mata Harimau. Foto: Walhi

Tur Mata Harimau, tahun lalu menyusuri dan melintasi hutan-hutan alam yang tersisa di sepanjang Sumatera, yang menjadi habitat asli Harimau Sumatera. Kerusakan hutan dan keindahan hutan alam, hanya tinggal sedikit dan terancam punah di sepanjang jalur Sumatera menjadi suguhan selama perjalanan Tim Mata Harimau, mendorong  harimau Sumatera terus menuju kepunahan.

“Kami mengusung enggang sebagai ikon penyelamatan hutan. Karena enggang simbol budaya masyarakat Kalimantan yang terancam punah. Ia bernasib sama dengan harimau Sumatera,”  kata Hegar Wahyu Hidayat, Direktur Eksekutif Walhi Kalsel.

Selamatkan Hutan Kalsel, bunyi salah satu banner di acara pelepasan tim Kepak Sayap Enggang-Mata Harimau. Foto: Walhi
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,