Bayi Gajah Lahir di CRU Sampoinet Aceh

Seekor bayi gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) betina lahir pertama kali di kamp Conservation Response Unit (CRU) di Sampoinet, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Selasa(18/9/12). Si ibu, Suci berumur 29 tahun adalah gajah jinak alumni Pusat Latihan Gajah di Saree, Aceh.

Suci ditangkap Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dalam sebuah operasi di Ulee Glee Kabupaten Pidie Jaya  pada 1993. Saat itu diperkirakan berusia lima tahun.

Suci, satu dari lima ekor gajah di CRU Sampoinet. Yang lain, Winggo, Adi, Azis, dan Xena. Mereka adalah gajah yang bertugas membantu patroli hutan untuk penanggulangan konflik gajah manusia di Aceh Jaya.

CRU Sampoinet didirikan sejak 2010 kerja sama BKSDA, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Fauna dan Flora International.

Manajer CRU Sampoinet, Fendra Trysanie, mengatakan, kelahiran bayi gajah ini cukup mengejutkan tim CRU karena lahir lebih awal dari perkiraan  dokter hewan. Hingga tidak ada yang tahu kapan persis ia melahirkan.

Mahout (pawang) menemukan Suci sudah bersama bayi saat mau memindahkan dari tempat penambatan yang berjarak 200 meter dari kamp. Kemungkinan Suci melahirkan tengah malam,” katanya, Rabu(19/9/12).

Bayi gajah itu lahir dari perkawinan Suci dengan gajah jantan liar dari hutan sekitar kamp. Sejak diketahui hamil, Suci dirawat dengan baik. Setiap dua bulan dokter hewan memeriksa kandungan. “Suci hanya ikut patroli jarak dekat saja.”

Bayi gajah itu dalam kondisi sehat dengan berat badan sekitar 70 kilogram dan tinggi badan 80 cm. Saat ini, Suci dan bayi sudah dipindahkan ke kandang berpagar listrik tegangan rendah berukuran 10 x 12 meter yang telah disiapkan sejak awal. Si bayi berada dekat dengan si induk untuk menyusu.

Foto: Dira

Tim CRU Sampoinet gembira karena mendapat tambahan keluarga baru. Di Aceh, ada lebih dari 50 ekor gajah alumni PLG yang saat ini sebagian diperbantukan di tiga CRU di daerah itu. Aceh, salah satu habitat penting gajah Sumatera. Saat ini diperkirakan ada 500 ekor gajah hidup di alam liar.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,