Induk Harimau Sumatera Lahirkan 3 Bayi di Jambi

Kabar gembira kembali hadir dari tanah Sumatera, setelah seekor induk harimau Sumatera bernama Uni melahirkan tiga bayi lucu hari Minggu 23 September 2012 silam di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi. Ketiga bayi ini belum diketahu jenis kelaminnya. Induk jantan ketiga bayi ini adalah harimau bernama Peter. Pasangan ini didatangkan ke Taman Rimba dari Kebun Binatang Ragunan sejak 3 tahun silam.

Uni, induk harimau berusia 8 tahun ini melahirkan bayi pertamanya sekitar pukul 9 pagi, sementara anak kedua dan ketiga tidak diketahui secara pasti saat kelahirannya, karena saat petugas memeriksa ke kandang pada hari Senin pagi, ketiga bayi harimua Sumatera ini sudah lahir.

Seperti dilansir oleh Kompas.com, ketiga bayi ini masih terus berada di dekat induknya. “Ketiga anak harimau itu masih merah dan masih berada di dekat induknya sehingga belum bisa diperiksa,” ungkap Kepala Kebun Binatang Taman Rimbo, Adrianis kepada Kompas,com Senin 24 September 2012. Proses kelahiran ketiga anak harimau ini adalah yang keduakali bagi Uni. Sebelumnya pada buka Januari 2011 silam, Uni sudah melahirkan dua anak bernama Mayang dan Ayu.

Dari laporan Vivanews.com, induk dan ketiga bayi ini saat ini dipisahkan dari induk jantannya, Peter, agar menjaga keselamatan anak harimau Sumatera ini dari resiko kanibalisme. Bertambahnya koleksi harimau Sumatera ini kini menambah jumlah spesies ini menjadi 8 ekor di Taman Rimba, 3 ekor masih bayi dan selebihnya harimau dewasa.

Jumlah harimau Sumatera di alam bebas, hingga saat ini diperkirakan tinggal 400 hingga 500 ekor saja. Maraknya konversi hutan yang menjadi habitat mereka di Sumatera terus mendesak populasi harimau. Di sisi lain, tekanan ini membuat kenaikan yang cukup signifikan dalam angka perebutan wilayah antara harimau dan manusia. Setiap tahun, ratusan harimau Sumatera mati dan cacat akibat jerat pemburu, baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,