,

Lagi, Penyelundupan 76 Paruh Enggang Gading via Bandara Digagalkan

PERDAGANGAN paruh enggang gading marak. Terbukti, kesekian kali, aksi penyelundupan paruh enggang gading terjadi. Kali ini sekitar 73 paruh enggang coba diselundupkan.  Aksi itu digagalkan petugas AVSEC Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) melalui terminal Cargo, Rabu(26/9/12).

Petugas pelaksana X-Ray,Yusuf Bari P mengatakan,  puluhan paruh enggang gading itu terdeteksi dalam layar setelah teridentifikasi mesin X-Ray. Kecurigaan itu mucul setelah di monitor terlihat sesuatu mencurigakan. “Ketika saya memonitor X-Ray, kok ada makanan yang mencurigakan. Bentuk bergelombang dan bagian bawah melengkung seperti sepatu high-heel perempuan,”katanya Rabu(26/9/12).

Setelah melihat barang mecurigakan itu, dia bersama petugas lain membuka karung yang dalam dokumen menyebutkan makanan. Setelah dibuka, ternyata berisi dua kardus kecil ditumpuk dengan pakaian. “Pertama saya minta petugas ekspedisi membuka, dia tidak mau. Saya pun memaksa dibuka, ternyata berisi paruh enggang berjumlah 73 butir.”

Menurut dia, paket ini dikirim melalui ekspedisi TIKI ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda 507 penerbangan pukul 16.00. “Kebetulan sore ini paketan yang melalui terminal cargo tidak terlalu banyak, hanya 16 koli, jadi bisa langsung dideteksi,” ujar dia.

Komandan Regu AVSEC Bandara Supadio, Didi Herdiansyah mengatakan, setelah penemuan barang ilegal  ini, langsung menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam, untuk proses lebih lanjut. “Ini penemuan keempat kali. Kita limpahkan ke pihak bersangkutan.”

Guna mengantisipasi penyelundupan, pengiriman barang harus sesuai SOP dan pemberitahuan tentang isi. Jika tak sesuai, barang akan dipulangkan kepada pengirim. Sebaliknya, jika barang ilegal segera dilimpahkan ke instansi terkait.

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,