Video: Aksi Seekor Lumba-Lumba Meminta Tolong Kepada Para Penyelam

Seekor lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) yang tengah berenang di perairan Kona, Hawaii tersangkut kail diantara mulut dan sirip dadanya beberapa waktu lalu. Namun satwa cerdas ini, tak kehabisan akal. Dia pun berenang berputar-putar di dekat para penyelam yang tengah melakukan penyelaman malam hari, sampai akhirnya para penyelam ini menyadari kondisi si lumba-lumba yang tubuhnya tersangkut mata pancing ini dan mulai menolongnya. Para penyelam sebelumnya tengah melakukan pengamatan ikan pari manta yang memakan plankton saat si lumba-lumba mulai mendekat dan berenang berputar-putar di dekat mereka.

Salah seorang penyelam bernama Martina Wing kepada Global Animal mengatakan,”Satwa ini jelas meminta pertolongan kepada kami. Lumba-lumba ini tinggal di dekat kami selama sekitar 7-8 menit…para penyelam adalah orang-orang yang profesional yang sudah memiliki ribuan jam di bawah air di lokasi ini. Kami sudah sering membantu ikan pari manta yang tersangkut pancing, jadi saat lumba-lumba ini meminta tolong kepada kami, para penyelam sudah tahu apa yang harus mereka lakukan.”

Keberuntungan yang dialami oleh lumba-lumba ini tentu peristiwa yang jarang terjadi. Ribuan mahluk laut mati setiap tahun akibat berbagai kotoran dan pecahan barang yang tertelan atau tersangkut di tubuh mereka. Jadi yang terpenting adalah, tetap menjaga laut yang menjadi habitat mereka tetap bersih dari sampah demi menjaga kelangsungan hidup mereka.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,