,

Foto: Surga Keragaman Hayati Kawasan Gunung Lumut Kalimantan Timur

Inilah salah satu kawasan yang masih memiliki kekayaan hayati khas hutan hujan tropis di Indonesia. Kelebatan dedaunan, kelembaban, curah hujan tinggi, dan sungai yang menopang kehidupan masyarakat di sekitarnya jadi sebuah pemandangan yang khas di hutan hujan tropis pulau Kalimantan.

Deretan foto ini, mungkin hanya secuil dari jutaan keindahan lain yang masih dimiliki tanah air kita. Siapa sangka, keindahan ini terpancar dari wilayah yang selama ini lepas dari pengamatan banyak orang. Inilah sebagian wajah Gunung Lumut, di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Seuntai keindahan alami, dari balik lebatnya hutan hujan tropis Kalimantan Timur.

Gunung Lumut terletak di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Gunung yang banyak memiliki cabang-cabang sungai ini, merupakan kawasan Hutan Lindung atau sering di sebut Hutan Lindung Gunung Lumut.

Pesna hutan di kaki Gunung Lumut dan air terjun Unai. Foto: Hendar

Hutan perawan di kawasan gunung tersebut merupakan penyangga kehidupan 12 kampung dikawasan hutan lindung. Salah satunya adalah Kampung Muluy, Desa Swan Slotung Kabupaten Paser. dimana berdiam Suku Muluy, yakni salah satu dari 14 suku dayak Paser.

Hutan Lindung Gunung Lumut itu memiliki luasan sekitar 42 ribu hektar dan puncak tertingginya 1.210 meter di atas permukaan laut (dpl). Namun dari ketinggian 500 dpl kita sudah dapat melihat lumut menyelimuti hulu sungai yang keluar dari Gunung Lumut, salah satunya sungai Muluy.

Capung di Sungai Muluy, di kaki Gunung Lumut. Foto: Hendar
Kupu-kupu di Hutan Gunung Lumut, Kabupaten Paser. Foto: Hendar
Kicuit Batu atau Grey Wagtail (Motacilla cinerea) di bebatuan sungai Muluy. Foto: Hendar
Buah Karantungan yang banyak ditemui di hutan. Foto: Hendar
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,