Perubahan Iklim Akan Semakin Membuat Penerbangan Anda Berguncang…

Perubahan iklim, ternyata tak hanya memberikan dampak meningkatnya suhu udara dan berubahnya pola cuaca di berbagai belahan bumi. Bagi anda yang seringkali bepergian dengan pesawat terbang, perubahan iklim ternyata juga mempengaruhi kenyamanan penerbangan anda. Hal ini disampaikan dalam sebuah penelitian di Inggris yang berargumen bahwa pemanasan global di berbagai belahan dunia mempengaruhi sistem cuaca dan meningkatnya turbulensi udara di jalur penerbangan.

Peningkatan turbulensi udara ini merupakan dampak dari perubahan iklim terhadap aliran udara pesawat jet yang sangat kencang, dan berhembus kencang di seluruh bagian bumi di ketinggian yang sama dengan pesawat-pesawat terbang besar yang lalu lalang. Perubahan aliran udara jet ini, diduga juga menjadi penyebab melonjaknya panas di Inggris saat musim panas tahun 2012 silam, dan turunnya suhu secara ekstrem saat musim dingin tahun lalu.

Seorang peneliti dari Universitas Reading di Inggris, Paul Williams yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa turbulensi udara tak hanya sekedar menunda pelayanan air minum untuk penumpang di udara. “Turbulensi udara yang disebabkan oleh perubahan iklim juga melukai ratusan penumpang dan kru penerbangan setiap tahunya. Hal ini juga menyebabkan penundaan penerbangan dan kerusakan pesawat, yang menyebabkan total kerugian mencapai 100 juta pounds setiap tahunnya.”

Penelitian ini, yang menggunakan model turbulensi udara yang sama dengan yang digunakan menara pengawas penerbangan setiap hari, menemukan bahwa frekuensi turbulensi udara dalam penerbangan di Eropa dan Amerika akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2050 dan intensitasnya akan juga akan meningkat sebesar 10 hingga 40%.

“Menggunakan rute baru dalam penerbangan juga memberi dampak lebih borosnya penggunaan bahan bakar dan melepas emisi karbon lebih banyak, dan hal ini juga akan membuat penudaan penerbangan menjadi sebuah hal biasa di banyak bandara, dan tentu saja akan meningkatkan harga tiket pesawat,” tambah Williams.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature Cilmate Change ini, memfokuskan hanya seputar turbulensi udara bersih, dan bukan turbulensi udara akibat badai, yang juga semakin sering terjadi akibat pemanasan global. “Turbulenasi udara bersih biasanya seringkali dialami oleh penerbangan, karena hal ini tidak terlihat oleh pilot dan satelit,” ungkap Manoj Joshi dari Universitas East Anglia, yang juga melakukan penelitian ini.

Sudah banyak ditemukan bukti bahwa turbulensi udara bersih telah meningkat antara 40 hingga 90% di udara Eropa dan Amerika Utara sejak tahun 1958, dan hal ini diperparah oleh terjadinya pemanasan global. Aliran udara mesin jet, yang berliku untuk ribuan mil, didorong oleh perbedaan suhu antara kutub dan tropis, Williams menjelaskan. Perubahan iklim adalah pemanasan Arktik lebih cepat dari ketinggian yang lebih rendah, karena cepat hilangnya es di laut, sehingga perbedaan suhu menyusut. Hal ini menyebabkan terjadinya aliran jet yang lebih kuat dan turbulensi yang lebih besar. Pemodelan yang dilakukan oleh Williams dan Joshi mengasumsikan bahwa tingkat karbondioksida akan dua kali lipat dari tingkat pra-industri pada tahun 2050, yang berada dalam mid-range dari proyeksi saat ini untuk emisi masa depan.

Kebanyakan kasus cedera yang dialami oleh penumpang akibat turbulensi udara disebabkan akibat para penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman mereka dan membuat kepala mereka terbentur langit-langit pesawat. Terkait hal ini, Williams menjelaskan perubahan pada dirinya setelah melakukan penelitian ini,”Kini saya selalu menggunakan sabuk pengaman saya dalam kondisi apa pun, dimana hal ini dulu tidak saya lakukan.”

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,