Bayi Jantan Owa Jawa Lahir di Amerika Serikat

Seekor Owa Jawa atau Javan Gibbon (Hylobates moloch) berjenis kelamin jantan lahir pertengahan April 2013 lalu di Kebun Binatang Fort Wayne, Indiana, Amerika Serikat. Bayi Owa Jawa yang lahir dari pasangan ayah Lionel dan Ibu bernama Dieng ini belum dinamai. Pasangan ini sebelumnya memiliki anak yang juga berkelamin jantan dan diberi nama Jaka pada tanggal 14 Maret 2011 silam.

Menurut keterangan pihak kebun binatang di dalam rilis media mereka, lahirnya owa Jawa ini dinilai sangat penting karena jumlah owa Jawa di alam liar kini semakin sedikit akibat terdesak oleh tingginya angka kehilangan habitat mereka. Primata ini hanya ditemui di pulau Jawa, dan para ahli memperkirakan saat ini hanya tersisa sekitar 4000 ekor yang ada di alam liar. Jumlah yang sangat sedikit ini kini menghadapi tekanan jumlah penduduk Jawa yang semakin tinggi. Pulau Jawa kini diperkirakan didiami oleh sekitar 130 juta penduduk dari total 230 juta penduduk di Indonesia. Jumlah ini sama dengan setengah dari populasi negara Amerika Serikat, namun hanya mendiami wilayah yang duapuluh kali lipat lebih kecil.

Kebun Binatang Fort Wayne adalah salah satu kebun binatang yang memiliki akreditasi untuk mempertontonkan owa Jawa di wilayah Amerika Utara. Bayi owa Jawa yang lahir kali ini adalah satu dari dua bayi yang lahir di kawasan Amerika Utara dan satu dari tujuh bayi owa Jawa yang berhasil dilahirkan di penangkaran di seluruh dunia sepanjang tahun lalu.

Pihak Kebun Binatang Fort Wayne sendiri menyambut gembira kelahiran bayi owa Jawa ini. “Dieng adalah ibu yang baik dan bayinya juga sangat sehat,” ungkap Kurator Satwa di Kebun Binatang Fort Wayne, Mark Weldon. Baik induk maupun bayi owa Jawa ini akan tetap tinggal di dalam kandang mereka hingga mereka siap untuk keluar dan kondisi suhu udara di alam terbuka sudah mencapai lebih dari 15 derajat celcius.

Kedua orang tua bayi owa Jawa ini sebelumnya tinggal di tempat terpisah. Lionel sebelumnya tinggal Gibbon Conservation Center di California dan Dieng tinggal di Kebun Binatang Belfast di Irlandia Utara. Kini owa Jawa merupakan salah satu primata utama yang menjadi bagian dari program Kids4Nature yang ada di kebun binatang Fort Wayne tersebut. Dalam program ini, pengunjung kebun binatang bisa memberikan masukan bagaimana untuk menggunakan dana sebesar 25.000 dollar AS untuk melakukan aksi konservasi bagi owa Jawa, burung jenjang dan singa Afrika.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,