Penelitian: Pohon-Pohon Besar Menyimpan Setengah Biomassa Hutan Tropis

Pohon-pohon besar di hutan hujan tropis ternyata menyimpan nyaris setengah biomassa atas-tanah, dan memiliki peran vital dalam menahan tekanan perubahan iklim. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Global Ecology and Biogeography.

Penelitian ini, yang melibatkan selusin peneliti dari lebih 40 institusi ini berbasis dari data 200.000 pohon di 120 lokasi dataran rendah di Afrika, Asia dan Amerika Latin. Dari data ini ditemukan bahwa simpanan karbon oleh pohon-pohon besar sangat bervariasi di berbagai kawasan tropis, namun sangat substansial di semua hutan hujan tropis tersebut.

Hutan hujan tropis di Afrika dengan rata-rata simpanan 418 ton biomassa atas-tanah per hektar, menyimpan karbon dalam jumlah paling besar. Pohon-pohon besar -yang memiliki diameter batang setidaknya 70 centimeter- diperkirakan menyimpan sekitar 44% biomassa di hutan Afrika. Dalam penelitian lain diperlihatkan bahwa bertahannya pohon-pohon besar di hutan hujan Afrika disebabkan banyaknya herbivora besar, yang menekan pohon-pohon kecil.

Kandungan biomassa pohon-pohon besar dan kecil setiap hektarnya di hutan hujan di Asia, Afrika dan Amerika Latin.
Kandungan biomassa pohon-pohon besar dan kecil setiap hektarnya di hutan hujan di Asia, Afrika dan Amerika Latin. Klik untuk memperbesar tabel.

Benua Asia menyimpan biomassa kedua terbesar dengan rata-rata 393 ton, dimana 154  ton biomassa atau 39% diantaranya disimpan di karbon di permukaan tanah. Sementara di Amerika Latin memiliki rata-rata 288 ton per hektar, dan sekitar seperempat kandunga biomassanya tersimpan di pohon-pohon besar.

Temuan ini menekankan peran penting pohon-pohon besar, yang secara tipikal mendominasi hutan-hutan yang sudah tua. “Pohon-pohon tua jumlahnya hanya sekitar 5% dari keseluruhan batang, namun bisa menyimpan hingga 50% biomassa hutan tropis,” ungkap penulis utama penelitian ini, Ferry Slik dari Taman Botani Xishuangbanna di Cina kepada Mongabay.com. “Hal ini membuat simpanan biomassa hutan hujan tropis menjadi sangat rentan terhadap perubahan global, terutama saat kekeringan menjadi semakin sering dan meningkat.”

Pohon-pohon besar juga memiliki peran ekologis yang penting, yang memberikan perlindungan bagi satwa-satwa liar dan menyediakan buah-buahan untuk pangan mereka.

Kandungan biomassa atas-tanah di berbagai kawasan.
Kandungan biomassa atas-tanah di berbagai kawasan.

Namun, di sisi lain pohon-pohon besar mengandung resiko karena menarik bagi para penebang liar, yang biasanya menyasar pohon-pohon berukuran paling besar dan berusia paling tua dalam penebangan. Selain itu pohon besar juga rentan terhadap perubahan ekosistem, termasuk kekeringan, kebakaran hutan, dan penyakit, menurut sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Science tahun 2012. untuk mencegah hal itu terjadi, penelitian terbaru ini menyarankan untuk memberikan perlindungan seara maksimal terhadap pohon-pohon tua untuk menstabilkan iklim dan melindungi keragaman hayati.

“Sekali kita kehilangan pohon-pohon tua ini, butuh ratusan tahun untuk mengembalikannya, jadi lebih baik kita merawat mereka,” tambah Slik.

CITATION: J.W. Ferry Slik at al (2013).Large trees drive forest aboveground biomass variation in moist lowland forests across the tropics. Global Ecology and Biogeography.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,