, ,

Penggenangan Waduk Jatigede, Keberadaan Situs Bersejarah Terancam (Bagian 2)

Tak hanya ribuan bahkan puluhan ribu warga yang terancam penggenangan Waduk jatigede, keberadaan situs-situs bersejarah yang dikramatkan warga sekitar, seperti makam dan petilasan leluhur di beberapa lokasi, bakal hilang.

Asep Soma, Sekretaris Perhimpunan Komunikasi OTD Waduk Jatigede Bersatu (Perkot DAM Jatiber) mengatakan, beberapa waktu lalu ada dari Dinas Kebudayaan dan Cagar Budaya. Mereka rapat di Desa Taruna Jaya. “Mereka ingin situs-situs bersejarah itu dipindahkan,” katanya.

Dia berharap, situs-situs itu tak dipindahkan, tapi direkayasa sedemikian rupa hingga nanti bisa sebagai wisata ziarah. “Kalau bisa sih jangan dipindahkan tapi dibuat seperti seaworld. Jadi seperti akuarium raksasa gitu. Situs-situs itu sangat besar pengaruhnya.”

Beberapa situs ada yang sudah dipindahkan dan disediakan lokasi sekitar tiga hektar. “Semua akan dipindahkan ke lokasi yang sama di Cisitu. Cuma kalau dipindahkan nilai sakral berkurang,” ucap Asep.

Menurut Dyaya Albanik, Ketua Perkot DAM Jatiber, di daerah yang akan menjadi genangan Waduk Jatigede itu pernah berdiri kerajaan Tembong Agung. Kerajaan ini cikal bakal kerajaan Sumedang Larang.“Di Waduk Jatigede terdapat 68 situs benda cagar budaya berupa makam kramat dan artefak.  Situs bersejarah itu antara lain Makam Prabu Guru Adji Putih, Sanghyang Resi, Ratu Ratna Inten Nawang Wulan dan masih banyak lagi yang lainnya. Sejauh ini baru enam makam sudah dipindahkan.”

Djaya mengatakan, penyelamatan situs cagar budaya harus didasarkan kajian arkeologi dan antropologi. Mengingat masalah situs cagar budaya sangat sensitif. Jika jika dibiarkan, bisa jadi pembangunan waduk Jatigede berdampak pada penghancuran nilai-nilai sejarah.

“Pemerintah harus merelokasi keberadaan benda-benda situs bersejarah ini. Relokasi situs makam keramat harus didasarkan pada studi kelayakan dan sesuai keinginan masyarakat sekitar. Pemindahan situs cagar budaya bukan hanya badan makam meliputi area situs atau bidang tanah yang memiliki kaitan substansial atas nilai di dalamnya.” (Habis)

Salah satu tempat keramat bagi warga sekitar Jatigede. Foto: Indra Nugraha
Salah satu tempat keramat bagi warga sekitar Jatigede. Foto: Indra Nugraha
Lahan desa yang akan masuk penggenangan Waduk Jatigede, Oktober nanti. Foto: Indra Nugraha
Lahan desa yang akan masuk penggenangan Waduk Jatigede, Oktober nanti. Foto: Indra Nugraha
Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,