,

Video: Bukti Baru Keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan

Sebuah video baru penemuan badak Sumatera di Pulau Kalimantan diunggah ke situs Youtube oleh WWF-Indonesia pada 2 Oktober 2013. Video ini adalah video pertama yang menjadi bukti keberadaan badak Sumatera di Kalimantan setelah beberapa waktu lalu tim monitoring gabungan antara WWF-Indonesia dan Pemda Kutai Barat menemukan bukti fisik keberadaan badak ini di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Video ini diperoleh setelah tim gabungan ini memasang 16 kamera video jebak yang dipasang selama tiga bulan di beberapa lokasi berbeda. Bukti baru ini mengonfirmasi keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.

Dalam video baru ini terlihat sang badak sedang melakukan aktivitasnya sehari-hari, yaitu berkubang dan berjalan-jalan mencari makan. Video ini terekam pada tanggal 23 dan 30 Juni 2013 silam, serta pada tanggal 3 Agustus 2013. Seluruh badak yang ada di dalam video ini merupakan individu yang berbeda.

Badak Sumatera saat ini menurut WWF tingal tersisa sekitar 200 individu yang tersebar di kawasan konservasi di Sumatera, yaitu di Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Way Kambas dan Taman Nasional Bukit Barisan, serta di Kalimantan.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,