Raksasa Asuransi Norwegia Tarik Modal Mereka dari Perusahaan Kelapa Sawit

Salah satu perusahaan asuransi dan tabungan pensiun di Norwegia bernama Storebrand baru saja melakukan penarikan saham mereka di sebelas perusahaan kelapa sawit dunia karena dinilai berkontribusi dalam kerusakan lingkungan.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh perusahaan ini pekan lalu, Storebrand menyatakan bahwa mereka menarik kembali  modal mereka setelah menemukan bahwa sejumlah perusahaan ini telah melakukan pelanggaran praktek bisnis berkelanjutan.

“Perubahan iklim adalah resiko yang paling komprehensif terhadap keberlanjutan, dan perlindungan terhadap hutan, terutama hutan hujan tropis, menjadi sangat penting untuk mencegah dampak dari perubahan iklim,” ungkap Kepala Investasi Berkelanjutan dari Storebrand, Christine Meisingset. “Salah satu penyebab utama deforestasi di kawasan tropis adalah pembukaan perkebunan kelapa sawit baru. Storebrand akan lebih memilih untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang mendorong industri menuju praktek yang lebih berkelanjutan.”

Tabel konsumsi kelapa sawit di negara-negara Uni Eropa.
Tabel konsumsi kelapa sawit di negara-negara Uni Eropa.

Storebrand saat ini hanya berinvestasi di satu perusahaan kelapa sawit, yaitu Golden Agri-Resources (GAR), perusahaan kelapa sawit yang menjalankan kebijakan nol deforestasi tahun 2011, setelah kampanye berkelanjutan yang dilakukan oleh Greenpeace. Kebijakan ini melarang GAR untuk mengubah hutan yang berkategori High Conservation Value Forest (HCVF) dan High Carbon Stock (HCS) termasuk hutan hujan dan lahan gambut. Kebijakan ini juga mengharuskan perusahaan untuk secara aktif terlibat dengan masyarakat lokal dan menerapkan prinsip Free, Prior Informed Consent (FPIC) sebelum membuka perkebunan yang baru.

Langkah yang diambil oleh Storebrand ini datang kurang dari setahun setelah lembaga pengelola dana pensiun Norwegia atau Governmnt  Pension Fund Global (GPFG) melepas saham di 23 perusahaan kelapa sawit.

Tabel penggunaan minyak kelapa sawit di Norwegia.
Tabel penggunaan minyak kelapa sawit di Norwegia.

Keputusan yang diambil oleh Storebrand ini disambut baik oleh para aktivis lingkungan, tentu saja. “Hal ini merupakan sebuah kemenangan bagi hutan hujan tropis dan sebuah sinyal yang jelas bagi industri kelapa sawit,” ungkap Rainforest Foundation Norway, yang selama ini melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran di kalangan perusahaan Norwegia dan produsen barang-barang konsumsi tentang praktek destruktif industri kelapa sawit.

Penarikan modal yang dilakukan oleh Storebrand ini bukan pertamakalinya dilakukan oleh perusahaan ini, tahun lalu mereka menghentikan investasi mereka di perusahaan batubara dan perusahaan minyak. Sebelumnya bahkan mereka mengehentikan investasi di perusahaan yang membuat ranjau dan produk tembakau.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , ,